Sport

Klub La Liga Mulai Berlatih, Kompetisi Disiapkan Lanjut Lagi 12 Juni 2020

Dwiwa

Posted on May 19th 2020

Para pemain Barcelona mulai kembali berlatih bersama untuk pertama kali sejak pandemi Covid-19 (cr: Twitter Barcelona)

Senin (18/5), klub-klub di Spanyol mulai kembali berlatih dalam kelompok 10 pemain dengan tetap mengikuti protokol kesehatan. Ini sebagai persiapan menuju rencana dimulainya kembali musim 2019/2020 yang sempat tertunda karena Covid-19. Rencana liga bakal bergulir kembali bulan depan.

Dilansir dari AFP, Barcelona mengonfirmasi jika skuad mereka kembali berlatih di lapangan pada pukul 9.30 waktu setempat pada hari Senin. Sebuah foto saat para pemain berlatih pun diunggah di akun Twitter resmi Barcelona, memperlihatkan beberapa pemain termasuk Gerard Pique dan Sergio Busquets menjadi bagian dari sesi tersebut.

Pemain Real Madrid juga berlatih di markas klub yang berada di pinggiran ibu kota Spanyol sebagai bagian dari langkah terakhir sebelum bisa kembali bermain bersama seluruh tim. “Aku merasa sangat senang bisa kembali ke lapangan berlatih bersama tim. Sekarang kami menunggu kembalinya pertandingan, tetapi saya sangat senang,” ujar Eden Hazard pada saluran TV Real’s in-house.

Protokol pemerintah Spanyol mengizinkan sesi latihan diperluas oleh semua klub, bahkan untuk mereka yang berada di wilayah yang masih tertinggal dari program pelonggaran lockdown. Ini artinya, tim seperti Real, Barcelona dan Atletico Madrid dapat berlatih dalam kelompok 10 orang, meskipun wilayah mereka masih berada di ‘fase 0’ karena menjadi daerah paling parah akibat Covid-19 di Spanyol.

“Hari ini adalah pertama kalinya kami bisa bersama dan saling berhadapan. Kami memainkan pertandingan kecil, yang kami sukai dan rindukan,” ujar pemain depan Atletico, Joao Felix.

Spanyol sendiri telah menjadi salah satu negara terparah yang terdampak Covid-19 dengan total kasus kematian mencapai 27.650 jiwa dan kasus positif lebih dari 231 ribu hingga hari Minggu.

“Ini adalah keputusan menteri. Sangat penting bahwa semua tim dapat berlatih dengan cara yang sama,” ujar presiden La Liga, Javier Tebas. Tebas kembali menegaskan keinginan La Liga untuk menyelesaikan sisa 11 putaran pertanding yang ditangguhkan sejak pertengahan Maret.

Dia telah melingkari 12 Juni sebagai waktu paling pas untuk dibukanya kembali pertandingan. Tetapi, dia mengakui jika waktu yang tepat akan tergantung pada otoritas kesehatan di Spanyol dan perjalanan virus.

“Kami sedang berupaya agar (kembalinya La Liga) berlangsung mulai 11-12 Juni, tetapi kami berupaya untuk tetap siap dengan tanggal berapa pun. Otoritas kesehatan yang akan menentukan kapan kami mulai,” ujar Tebas pada TV Movistar.

Menurut penyataan resmi dari pemerintah setempat pada hari Sabtu, klub profesional olah raga mungkin  dapat berlatih secara lengkap dengan tetap mematuhi tindakan pencegahan dan kebersihan yang disarankan.

Pernyataan ini menyebutkan jumlah maksimal dari pemain yang dapat berlatih bersama adalah 14, tetapi La Liga diberitahu agar klub membatasi jumlah hanya 10 pemain pada hari Senin.(*)

Related Articles
Sport
Real Madrid Cetak Kemenangan ke-100 atas Barcelona

Sport
Liga Belanda dan Perancis Dihentikan, La Liga Optimis Lanjutkan Musim 2019/2020

Sport
Juara! Trofi La Liga Kembali ke Pangkuan Real Madrid