Lifestyle

Mengobati Jerawat dengan Probiotik, Kok Bisa?

Laili Fajry

Posted on May 18th 2020

Untuk mendapatkan kulit mulus tanpa jerawat tidak melulu harus menggunakan skincare mahal. Beberapa makanan yang mudah ditemukan di sekitar kita ternyata dapat mengobati jerawat. Tapi ngga semua makanan ya girls. Hanya yang mengandung probiotik. 

Jadi, baru-baru ini, peneliti di Iran menemukan manfaat baik probiotik untuk menghalau jerawat. Bagi kalian yang belum tahu, probiotik adalah mikroorganisme yang bermanfaat dan membantu menstabilkan bakteri baik dalam usus.

Selama ini, jika kulit mengalami peradangan atau inflamasi, dokter biasanya meresepkan antibiotik. Namun, efektivitas antibiotik semakin menurun karena daya tahan kulit meningkat terhadap topical treatment atau pengobatan dengan menggunakan obat dengan pemakaian luar.

Dikutip dari MSN, penelitian yang dipimpin oleh penulis senior Dr. Masoumeh Mohamadi di Rumah Sakit Rasoul Akram di Iran menganalisis data dari setiap penelitian yang dipublikasikan tentang penggunaan probiotik dalam krim atau obat oral untuk mengobati jerawat. 

Sebagaimana dipublikasikan dalam jurnal Dermatologic Therapy, para peneliti kemudian menemukan bahwa probiotik dapat membantu meningkatkan pertahanan alami kulit terhadap peradangan akibat jerawat. Tanpa memerlukan antibiotik atau krim topikal yang selama ini banyak digunakan.

"Penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk meneliti efek jangka panjang probiotik pada lesi jerawat (jaringan kulit yang tumbuh abnormal)," jelas Dr. Mohamadi.

Jerawat dikaitkan dengan peningkatan bakteri anaerob, yang mempengaruhi flora kulit sensitif. Para peneliti menemukan bahwa meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus dengan suplemen probiotik membantu melawan mikro organisme jahat yang mempengaruhi kondisi kulit.

Tim peneliti juga menyarankan agar penderita jerawat menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung gliserol atau gliserin. Sebab, mereka menemukan bahwa senyawa tersebut adalah pertahanan kulit alami yang kuat terhadap jerawat.

Probiotik dapat ditemukan dalam berbagai makanan yang telah mengalami fermentasi seperti tempe, yogurt, kimchi dan acar.

Mudah dan murah kan? Jerawat hilang, kantong tetap aman.(*)

Related Articles
Lifestyle
Menangis Terus Menerus Bikin Kulit Breakout? Ini Alasan dan Cara Mencegahnya

Lifestyle
Di Rumah Aja Tapi Kondisi Kulit Wajah Memburuk? Ini Penyebab dan Solusinya!

Lifestyle
Takut Coba Skincare Baru Karena Khawatir Nggak Cocok? Ini Cara Mengatasinya...