Tech

10 Hal Ini Bisa Bikin iPad atau iPhone Lawas Kamu Jadi Lebih Bermanfaat

Dwiwa

Posted on May 17th 2020

Produk-produk besutan Apple seperti iPhone dan iPad paling anyar memang selalu menggoda orang untuk membelinya. Padahal sebenarnya, iPhone ataupun iPad yang lawas masih berfungsi normal, hanya mungkin kalah canggih dibanding dengan versi paling baru.

Sebagian orang mungkin memilih untuk menjual ataupun melakukan tukar tambah untuk perangkat lawas mereka. Tetapi sesungguhnya, gadget lama kalian ini bisa dimanfaatkan untuk menunjang aktivitas harian lho.

Nah, biar nggak buru-buru jual gadget, simak dulu yuk sepuluh hal yang bisa kalian lalukan dengan iPad atau iPhone lawas kalian seperti dilansir dari Fox News berikut. 

Jadikan dashcam mobil

Dengan menggunakan dudukan yang tepat, kalian bisa memasang iPad atau iPhone lawas di dalam mobil. Ini dapat berfungsi sebagai alat untuk mendengarkan musik dan hiburan, dan jika kalian memasangnya di sudut yang tepat, perangkat lawas ini bisa menjadi dashcam.

Aplikasi dashcam secara konstan merekam apa yang terjadi di luar mobil saat melaju. Ini bisa menjadi bukti penting ketika kecelakaan terjadi. Sebagian besar aplikasi didesain untuk ponsel, tetapi biasanya juga dapat digunakan pada tablet.

Jadikan sarana membaca

iPad dapat mengakses hampir semua pemasok ebook, termasuk Kindle, Nook, dan Apple Book milik Apple. Layar iPad memiliki cahaya latar, sehingga tidak ideal untuk membaca dalam jangka waktu lama. Tetapi tampilannya tidak bisa diabaikan. Jadi, cukup minimalkan kecerahan layar agar membuat mata lebih nyaman.

Ubah jadi kamera keamanan

Memiliki prosesor bertenaga dan kamera internal, iPad lama dapat digunakan untuk mengawasi rumah sepanjang waktu. Kalian bisa mendownload Skype dan mengaturnya untuk secara otomatis menerima panggilan. Jadi, kalian bisa sewaktu-waktu mengecek rumah saat sedang pergi.

Selain itu, aplikasi pengawas keamanan juga bisa kalian unduh. Salah satu yang paling populer adalah Presence, yang dapat menyajikan live video ke perangkat jauh dan mengrimkan peringatan saat ada gerakan terdeteksi. Kalian tetap bisa mengawasi pintu depan, menggunakannya sebagai kamera pengasuh, atau untuk memeriksa hewan peliharaan ketika sedang bepergian.

Gunakan untuk bisa selalu terhubung

Pada dasarnya iPad dirancang untuk panggilan video. Perangkat ini ringan dengan dua buah kamera dan layar yang cukup besar. Untuk melakukan panggilan gratis, kalian bisa menggunakan FaceTime yang sudah terinstal, tetapi dengan syarat orang yang kalian hubungi juga pengguna Apple. Selain itu, bisa juga mendownload aplikasi video conference seperti Skype atau Zoom.

Gunakan untuk Melihat Kenangan

Di dalam aplikasi Photos, Apple mengijinkan kalian untuk menghasilkan dan memutar tayangan dari semua album foto apapun, baik lokal ataupun cloud. Untuk mengubah iPad lawas menjadi dekorasi permanen, cukup pergi ke pengaturan, pilih Jangan Ganggu dan aktifkan. Langkah ini akan membungkam semua panggilan ataupun notifikasi yang akan mengalihkan perhatian ketika kalian melihat-lihat foto.

Kemudian, kembalilah ke pengaturan, pilih Tampilan & Kecerahan, kemudian atur Kunci Otomatis menjadi Jangan. Ini akan membuat layar terus menyala. Terakhir, ketuk Aksebilitas di pengaturan kemudian pilih Akses Terpadu yang bisa diaktifkan. Ini akan membuat kalian dapat mengunci iPad pada aplikasi foto.

Pengontrol TV

iPad dapat dengan mudah digunakan untuk mengontrol perangkat lain dalam ekosistem Apple. Mengontrol produk Apple seperti Apple TV atau perpustakaan iTunes, dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi yang sesuai di App Store.

Banyak layanan streaming seperti Netflix dan Hulu mendukung casting content dari iPad ke perangkat streaming, smart TV, atau komputer. Ini memudahkan ketika mulai menonton sesuatu di iPad kemudian beralih ke layar lain saat diperlukan.

Mengatur dan memainkan musik

iPad menjadi pusat streaming musik yang komprehensif. Apaun pilihan kalian, entah menyimpan musik secara lokal atau menggunakan layanan streaming, iPad dapat mengirimkan musik ke berbagai perangkat melalui Bluetooth dan menggunakan Airplay. Jika kalian memiliki sitem pengeras suara yang modern, iPad mungkin bisa mengalirkan musik ke sana.

Jadikan pendamping di dapur

Meninggalkan iPad di dapur sebagai “buku” resep sangat berguna. Aplikasi kebugaran seperti MyFitnessPal atau Loselt mengijinkan penggunanya untuk menyimpan resep sekaligus mengetahui nutrisi dari apa yang dibuat. Ada banyak aplikasi yang dibuat untuk menemukan resep baru seperti Tasty. Atau aplikasi tentang memasak sederhana dan sehat seperti Fork Over Knives.

Berikan pada anak

Ada banyak permainan yang tersedia untuk iPad yang dapat menghibur mereka. Selain game, ada sejumlah layanan streaming yang menawarkan konten ramah anak di iPad. Apple juga memiliki sejumlah alat kontrol orang tua yang dapat menelusuri berapa lama anak menggunakan perangkat, termasuk membatasi konten yang bisa diakses.

Jadikan monitor kedua

Jika kalian memiliki Mac dan mendukung iPad yang menjalankan iPadOS 13 atau lebih baru, Apple Sidecar memungkinkan kalian menggunakan iPad sebagai layar kedua. Sidecar dapat digunakan secara nirkabel dan dapat diakses dengan mengklik ikon AirPlay di bilah menu di Mac dan memilih iPad. Ini akan membuat layar Mac bisa diperluas hingga ke iPad. Dengan mencentang kotak biru di AirPlay menu, kalian bisa melihat cerminan layar Mac. (*)

Related Articles
Tech
Masuki Industri Gaming, Apple Mulai "Sisihkan" Pesaingnya di App Store

Tech
Apple Luncurkan Preview iOS dan iPadOS 14, ini Fitur Terbarunya

Current Issues
Gunakan FaceTime untuk Meeting Kerjaan Selama WFH