Current Issues

Ini Pesan LeBron James untuk Lulusan SMA Angkatan 2020

Laili Fajry

Posted on May 17th 2020

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia bisa mengadopsi cara Amerika merayakan kelulusan siswa angkatan 2020. Di tengah kejenuhan #stayathome akibat pandemi Covid-19, seremoni kelulusan siswa sekolah menengah atas di Amerika Serikat dilakukan secara live dan bersamaan. LeBron James, bintang basket LA Lakers termasuk yang menjadi host acara tersebut.

Acara bertajuk Graduate Together: America Honors the High School Class of 2020 itu digelar untuk merayakan kelulusan lebih dari 3 juta siswa sekolah menengah atas di seluruh negara bagian di Amerika Serikat. Sebuah selebrasi untuk memberikan apresiasi kepada para remaja yang telah berjuang dengan tetap belajar dan mengikuti pelajaran sekolah di rumah saat pandemi.

Acara tersebut ditayangkan di semua platform siaran televisi Amerika Serikat. Mulai ABC, CBS, Fox dan NBC. Tak ketinggalan, sejumlah media sosial dan layanan streaming juga menayangkan acara yang berlangsung selama satu jam tersebut.

Bagi penggemar basket, host spesial di acara itu adalah LeBron James. King James, sapaan LeBron, sebagai host membuka virtual graduation ceremony dengan memuji siswa kelas senior atas ketekunan dan kerja keras mereka.

"Saya tahu, kalian seharusnya memiliki real graduation. Saya juga tahu bahwa seharusnya tahun ini menjadi tahun senior kalian yang luar biasa. Tapi kalian membuat pengorbanan, dan kalian melakukannya untuk menjaga komunitas tetap aman dan sehat," kata James.

Virtual Graduation juga diisi dengan pidato dari mantan Presiden Barack Obama dan pemenang Hadiah Nobel Malala Yousafzai. Untuk memeriahkan acara, berbagai penampilan selebriti dan pertunjukan musik dihadirkan.

James menyelenggarakan acara ini melalui LeBron James Family Foundation-nya bekerja sama dengan XQ Institute dan Entertainment Industry Foundation.

Di penghujung acara, James menegaskan lagi tentang pentingnya sekolah dan komunitas pendukung. James memang sangat concern terhadap anak muda dan pendidikan. Dia adalah pendiri “I Promise School”, sebuah gerakan untuk membantu kaum muda yang berisiko putus sekolah, pada 2018 di Akron, Ohio.

“Sekolah kami adalah jaring pengaman kami. Masyarakat kami membangun komunitas kami. Untuk kelas 2020, saat kalian merayakan malam ini, jangan lupakan jaring pengaman Anda. Setiap guru, setiap pelatih, setiap pendeta, mereka bersama teman-teman dan keluarga Anda membawa Anda ke momen ini. Dan sekarang, saatnya untuk pergi ke tempat baru,” pesan James.

James menutup dengan beberapa kata terakhir penghiburan khas graduation ceremony: "Ingat satu hal, kalian semua adalah raja dan ratu." Jadi, bagaimana kalian akan merayakan kelulusan nanti di tengah situasi pandemi seperti saat ini? Yang pasti harus jaga keselamatan dan kesehatan bersama ya.(*)

Related Articles
Current Issues
Pandemi Bikin Sekolah di AS Ini Gelar Upacara Kelulusan Secara Drive-Thru

Current Issues
Perlukan Disinfeksi Besar-besaran untuk Cegah Covid-19?

Opinion
7 Kebiasaan Baru Milenial dan Generasi Z Gara-gara Coronavirus