Lifestyle

Penawaran Lelang Air Jordan Edisi Perdana "Chicago" Sudah Pecahkan Rekor

Mainmain.id

Posted on May 17th 2020

Saat ini kurang sekitar 17 jam lagi lelang sepatu Nike Air Jordan (AJ) --yang pertama kali dipakai Michael Jordan-- akan berakhir di rumah lelang Sothebys. Meskipun belum berakhir, namun angka penawaran yang ada saat ini sudah memecahkan rekor yang ada.

Seperti diketahui, Sotheby saat ini sedang melelang Nike Air Jordan 1 untuk Michael Jordan. Sepatu ini pernah dipakai untuk pertandingan di tahun 1985. (Baca juga: Nike AJ "Chicago", Signature Shoes Pertama Michael Jordan Dilelang Online).

Lelang ini sendiri bakal berakhir hari ini, Minggu (17/5) sekitar pukul 23 WIB. Hingga saat ini, penawaran tertingginya telah tembus USD 240 ribu. Jika penawaran itu merupakan yang terakhir, berarti nantinya harga AJ yang dikenal dengan versi Chicago tersebut totalnya USD 288 ribu. Sebab ada 20 persen tambahan harga untuk pembelian produk premium.

Nah, harga itu sudah memecahkan rekor lelang memorabilia Michael Jordan. Yup, benda paling berharga milik Jordan yang pernah dijual di lelang nilainya USD 190.373. Benda itu adalah bola basket Converse Michael Jordan dan sepatu bot yang dikenakan di Olimpiade 1984.

Kenapa sih AJ edisi perdana ini harga lelangnya bisa setinggi itu? Ya, karena sepatu ini sangat bersejarah. Tak hanya bersejarah untuk Michael Jordan, tapi juga untuk budaya sneakers secara umum.

Sebagaimana diketahui, sneaker ini merupakan signature shoes pertama seorang pemain NBA. Apa yang dilakukan Michael Jordan dan Nike ini kemudian menjadi sebuah budaya baru di dunia sneakers dan basket.

Setelah adanya Air Jordan inilah kemudian pemain-pemain NBA lainnya seperti Scottie Pippen, Penny Hardaway, Charles Barkley, Kobe Bryant, Kevin Dantry dan LeBron James punya signature shoes sendiri. Mereka bekerjasama dengan sejumlah brand sepatu.

Air Jordan 1 vintage originals yang dilelang itu diproduksi pada 1985. Diproduksi untuk Jordan dengan warna putih, hitam, dan merah-nya Chicago Bulls.  

Michael Jordan memakai sepasang sepatu tersebut di awal kariernya. Menandai titik penting dalam sejarah basket dan melambungkan popularitas sepatu basket warna-warni.(*)

Artikel Terkait
Lifestyle
Nike AJ "Chicago", Signature Shoes Pertama Michael Jordan Dilelang Online

Lifestyle
Sneakers Retro Paling Dicari di Tahun 2022

Lifestyle
5 Sepatu Air Jordan Termahal yang Pernah Dilelang