Sport

Penyebab Kematian Kobe Bryant Terungkap

Laili Fajry

Posted on May 16th 2020

Setelah empat bulan pasca kecelakaan helikopter, akhirnya penyebab kematian Kobe Bryant dan Gianna, putrinya, terungkap.

The Los Angeles County Department of Medical Examiner mengungkapkan, legenda basket dan putrinya yang berusia 13 tahun tersebut meninggal karena trauma akibat benda tumpul dalam kecelakaan helikopter yang terjadi 26 Januari 2020 lalu di Calabasas, California.

Hasil pemeriksaan itu dilakukan setelah istri Kobe Bryant, Vanessa, mengajukan gugatan kepada Island Express, perusahaan penerbangan yang mengoperasikan helikopter tersebut. Selain Kobe Bryant dan putrinya, tujuh orang lainnya kehilangan nyawa ketika helikopter pribadi itu jatuh.

Menurut dokumen gugatan tersebut, Vanessa mengklaim helikopter itu yang ditumpangi Kobe tak layak terbang pada saat kejadian. Salah satu indikasinya, Island Express diduga melanggar beberapa aturan penerbangan.

Dalam gugatan itu disebutkan seharusnya perusahaan hanya diperbolehkan terbang di bawah aturan penerbangan visual. Kondisi pada hari kecelakaan tidak kondusif untuk penerbangan karena adanya kabut rendah. Dokumen juga mengklaim pilot melakukan perjalanan dengan kecepatan 180 mil per jam dalam kabut.

Vanessa menuduh Ara Zobayan, yang juga kehilangan nyawanya dalam kecelakaan itu, gagal memonitor dan menilai cuaca dengan baik sebelum lepas landas.

Ara Zobayan juga dinilai gagal mendapatkan data cuaca yang tepat sebelum penerbangan. Ia juga gagal membatalkan penerbangan ketika dia mengetahui kondisi mendung. Selain itu Zobayan gagal mempertahankan kendali helikopter dan gagal menghindari "rintangan alami" di jalur penerbangan.

Dikutip dari msn.com, pihak berwenang setempat telah memeriksa jasad Ara Zobayan. Pengujian toksikologi tidak mendeteksi adanya penyalahgunaan alkohol atau narkoba dalam tubuh Sang Pilot. Zat yang diuji meliputi: benzodiazepin, kokain, fentanil, heroin, ganja, opioid, phencyclidine, dan amfetamin.

So, kita tunggu saja kelanjutan penyelidikan pihak berwenang setempat mengenai penyebab kecelakaan helikopter yang mengangkut Kobe Bryant dan putrinya. Kita doakan Kobe dan orang-orang yang meninggal dalam tragedi itu mendapatkan tempat terbaik.(*)

Related Articles
Sport
Tribut Nike untuk Kobe Bryant, Model Anak-anak Kenakan Jersey Nomor 8 dan 24

Sport
Hormati Kobe Bryant, Mamba Sports Academy Pensiunkan Nama "Mamba"

Sport
Bagaimana Kobe Bryant Mengajarkan Makna Kehidupan pada Anak-anaknya