Tech

Instagram Live Kini Bisa Langsung Disimpan ke IGTV

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 16th 2020

Instagram sudah lama membeberkan fitur baru mereka satu ini. Tapi, baru kemarin mereka mengumumkan secara resmi bahwa kini para penggunanya dapat menyimpan video mereka selama live di instagram ke IGTV agar bisa terus ditonton sesuai batas waktu yang mereka tentukan sendiri.

Sebelumnya, siaran Instagram live hanya bisa disaksikan para penonton selama masa siarannya berlangsung saja, atau menyimpan rekaman video siaran langsung mereka di memori ponsel lalu mengunggahnya. Tapi kini, rekaman siaran langsung tersebut dapat langsung disimpan di IGTV.

Fitur ini tidak semata-mata berfungsi untuk menyimpan video siaran langsung tersebut. Pengguna Instagram juga dapat mengatur arsip konten IGTV mereka.

Selain itu, dengan fitur monetisasi IGTV yang pernah diluncurkan instagram sebelumnya, pengguna instagram juga memiliki kesempatan untuk menyiarkan konten video mereka ke lebih banyak kreator dan penonton. 

Integrasi dua fitur ini dapat menjadi cara bagi para pembuat konten untuk meningkatkan nilai dan jangkauan konten video mereka.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pengguna instagram dalam memanfaatkan fitur anyar ini. Misalnya, rekaman siaran langsung yang sudah dipos di IGTV tidak termasuk komentar dan jumlah like yang didapatkan dari saat video itu disiarkan secara langsung, sehingga nama orang yang berkomentar tidak akan muncul di IGTV. Selain itu, rekaman siaran langsung tersebut juga tidak dapat diedit terlebih dahulu sebelum dipos sebagai IGTV. 

Namun kondisi tersebut dapat diatasi dengan mengunduh rekaman siaran langsung tersebut, kemudia mengeditnya dulu sebelum mengunggahnya kembali ke IGTV.(*)

Related Articles
Tech
Akhirnya! Kreator Konten Bakal Terima Penghasilan dari Ads IGTV

Tech
Cegah Bullying, Instagram Bikin 3 Fitur Baru Ini

Tech
Bantu Kreator Konten, Instagram Uji Coba Fitur Chat Berbentuk FAQ