Tech

Facebook Keluarkan Dana USD 400 Juta untuk Membeli GIPHY, Bakal Diapain ya?

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 16th 2020

Kalian yang sering mengunggah gambar bergerak (berformat GIF) tentu familiar dengan GIPHY. Aplikasi database gambar berformat GIF paling populer di internet ini kini diakuisi Facebook.

Dalam sebuah pernyataan, tim Instagram --yang masih satu bagian dengan Facebook-- mengungkapkan bahwa GIPHY kini telah diakusisi kepemilikannya oleh mereka. 

"Banyak orang dalam komunitas kami sudah mengenal dan jatuh cinta pada GIPHY. Dan faktanya, 50 persen traffic GIPHY berasal dari Facebook dan aplikasi-aplikasi turunannya, separuhnya bahkan berasal hanya dari Instagram saja," kata tim Instagram menjelaskan alasan akuisisi tersebut.

Akuisisi ini diharapkan bisa menyatukan Instagram dan GIPHY. Dengan begitu semua pengguna Instagram bisa orang bisa menemukan GIF dan stiker yang sempurna untuk mereka gunakan di story dan direct (message)," terang tim Instagram.

Namun yang perlu dicatat juga, sebagian lain dari traffic GIPHY juga berasal dari platform lain di luar keluarga perusahaan Facebook. Menanggapi hal tersebut, GIPHY pun memberi penjelasan.

"Untuk partner dan pengembang API/SDK kami, baik GIF, stiker, emoji dan lain-lain, semuanya akan tetap sama. Kami akan tetap membuat GIPHY terbuka untuk segala kalangan yang lebih luas. Stiker GIPHY sangat cocok digunakan untuk melengkapi story di Instagram, sementara pencarian GIF membuat semua orang dapat menunjukkan ekspresi mereka dengan lebih sempurna lewat DM Instagram," ucap GIPHY.

Sejauh ini Facebook belum membeberkan rencana lanjutan mereka setelah mendapatkan GIPHY. Yang pasti, dari integrasi ini Facebook bakal bisa melakukan data-tracking demi kepentingan komersil. Sebab tidak mungkin akuisisi ini ditindaklanjuti tanpa tujuan komersil, mengingat nilai pembelian GIPHY mencapai USD 400 juta.

Dengan membaca trend penggunaan GIF di antara para pengguna platform-nya, Facebook dapat menganalisa pasar dan mencocokkan jenis pesan atau iklan tertentu kepada konsumen yang lebih tepat.

Februari lalu, Instagram menambahkan fitur baru pada story mereka, yaitu membalas story orang lain menggunakan gambar GIF. Langkah tersebut sepertinya sudah cukup menunjukkan apa yang akan dilakukan Instagram dan Facebook dengan GIPHY yang sekarang mereka miliki, tapi mereka mungkin punya kejutan lain untuk ke depannya.

Sekedar diketahui, GIPHY adalah database gambar berformat GIF yang paling populer di internet. Setidaknya terdapat 500 juta pengguna internet aktif di seluruh dunia yang mengakses gambar GIF lewat berbagai platform.

Tak kurang dari 11 juta jam durasi gambar berformat GIF diputar semua orang setiap harinya. Melalui integrasi API, GIPHY memaksimalkan penyebaran dan penggunaan konten gambar-gambarnya lewat berbagai media, seperti Facebook, Intagram, Twitter, dan TikTok.(*)

Related Articles
Tech
Sering Lihat Konten Lama Diunggah Ulang di FB? Fitur Baru Ini Akan Mencegahnya

Tech
Ujicoba Fitur Baru, Instagram Tampilkan Semua Story pada Satu Layar

Tech
Ulang Tahun ke-10, Konten Instagram Tidak Lagi Sekadar Gambar-Gambar Menghibur