Tech

Google Hangouts dan Google Meet, Apa Sih Bedanya?

Gunawan Sutanto

Posted on May 14th 2020

Sejak Zoom sering bermasalah oleh kehadiran Zoomboming, banyak orang cari alternatif aplikasi video conference. Akhirnya banyak orang pun melirik pindah ke produk Google. Nah, Google sendiri punya dua produk yang bisa digunakan untuk video conference, yakin Google Hangouts dan Google Meet.

Google Hangouts dibuat Google untuk melakukan panggilan video dan suara gratis serta berbagi file. Produk ini sebenarnya diperuntukan untuk aktivitas video call yang santai. Seperti bersama teman atau keluarga.

Di Google Hangouts kalian bisa mengundang hingga 150 orang untuk melakukan obrolan atau chat. Namun untuk melakukan video conference hanya dibatasi maksimal 10 orang.

Nah, Google Meet sebaliknya. Aplikasi ini memang dirancang untuk kebutuhan bisnis. Awalnya aplikasi ini berbayar. Tapi belakangan Google memutuskan menggratiskan Google Meet untuk beberapa waktu. Mungkin ini juga strategi Google untuk bisa bersaing dengan Zoom.

Dengan Google Meet kalian bisa melakukan video conference hingga 100 orang. Menariknya di dalam aplikasi ini ada fitur-fitur seperti penjadwalan, berbagi layar, dan real time caption. 

Dalam versi gratis awalnya Google Meet hanya menyediakan durasi video conference selama 60 menit. Namun belakangan kebijakan baru mereka terapkan yakni kalian bisa melakukan video conference sesuka kalian. Fasilitas ini tersedia hingga 30 September mendatang.

Google Meet juga memiliki sejumlah perlindungan privasi default, termasuk control host. Seperti kemampuan untuk menyetujui atau menolak seseorang masuk ke rapat, dan membisukan (mute) atau menghapus peserta.

Menariknya dibanding Zoom, Google Meet punya kode meeting yang kompleks dan terenskripsi. Jadi secara keamanan, Google Meet diklaim lebih aman dari Zoom.

Jadi, kalau kalian bertanya harus pakai yang mana Google Meet atau Google Hangouts? Jawabnya tergantung pada yang kalian butuhkan. Google Hangouts mungkin merupakan opsi yang lebih mudah untuk melakukan panggilan video yang tak butuh hal-hal ribet. Seperti kita melakukan video call di WhatsApp. Nah kalau Google Meet kita butuhkan kalau ingin menggelar rapat dalam jumlah besar yang itu sifatnya penting.(*)

 

Related Articles
Tech
Pesaing Zoom, Facebook Messenger Rooms Telah Hadir di AS dan Kanada

Tech
Cegah “Zoombombing”, Google Meet Pasang Fitur Keamanan Kelas Online

Tech
Google Duo Hadirkan Banyak Fitur Baru, Bisa untuk Video Conference via Browser