Tech

Cegah Bullying, Instagram Bikin 3 Fitur Baru Ini

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 13th 2020

Selain digunakan sebagai sarana bersilaturahmi dengan teman dan keluarga, media sosial juga tak jarang menjadi ruang untuk tindak kejahatan. Salah satunya perundungan virtual (cyber-bullying).

Sebagai bagian dari langkah untuk mengatasi hal tersebut, Instagram baru-baru ini meluncurkan fitur-fitur terbaru dalam update aplikasi mereka.

Setelah meng-update aplikasi Instagram di ponselmu, kini kamu dapat memilih untuk mengatur komentar-komentar negatif dan positif yang muncul di unggahanmu, plus dapat mengatur siapa yang bisa me-mention di Instagram.

Fitur pengaturan komentar disediakan untuk pengguna yang memiliki banyak pengikut. Mengatur komentar tentu saja akan sulit, terutama jika sebuah postingan menjadi viral atau menjadi objek serangan bot atau troll. Namun Instagram telah mengujicoba fitur tersebut dan hasilnya dirasa memuaskan. 

Caranya, untuk pemilik Instagram yang menggunakan iOS, mereka dapat mengklik komentar tertentu, memilih ikon titik-titik di pojok kanan-atas lalu pilih Manage Comments. Lewat pilihan ini, pemilik akun dapat menghapus 25 komentar pada waktu bersamaan.

Jika memilih More Options, pemilik akun dapat memblokir beberapa akun dari kolom komentar secara sekaligus. Pada ponsel berbasis Android, pemilik akun hanya perlu menekan komentar yang ingin diatur, lalu memilih block atau restrict.

Fitur berikutnya, yaitu Pinned Comments atau komentar yang ditautkan akan segera diujicoba oleh Instagram.

Instagram berusaha menyebarkan dampak positif dari penggunaan aplikasinya, terutama lewat kontrol ruang komentar. Fitur terbaru ini diharapkan dapat mendorong lebih banyak interaksi positif di Instagram.

Di sisi lain, fitur ini juga memiliki dampak negatif. Ruang untuk menunjukkan kritisisme juga dapat menghilang dari Instagram, bahkan pengguna akun dapat menghilangkan sebuah komentar hanya karena tidak menyukainya.

Berbeda dengan Twitter yang hanya menyediakan fitur Hide comment. Pemilik akun dapat menyembunyikan komentar yang tidak ia sukai, namun tidak menghilangkan komentar tersebut sama sekali dari orang lain.

Instagram juga sedang mengembangkan fitur lainnya, di mana pemilik akun dapat memilih siapa saja yang bisa menyebutnya di dalam kolom komentar, caption atau story. Pilihan mulai dari everyone, only people you follow sampai no one dapat dipilih oleh pemilik akun.

Ketiga fitur baru Instagram ini dirancang bersamaan dengan diluncurkannya edisi kelima dari Community Standard Enforcement Report oleh Facebook, yang menunjukkan secara detil bagaimana perusahaan ini memberlakukan kebijakan mereka di seluruh aplikasi yang mereka kelola.

Fitur-fitur itu dihadirkan untuk menindaklanjuti kasus-kasus perudungan yang dilaporkan di Facebook dan grup-grupnya sepanjang 2019-2020. Di mana seluruh laporan terkait perudungan ada 1,5 juta kasus.

Facebook juga mengembangkan teknologi pemindaian tulisan dan gambar mereka dalam melacak indikasi bunuh diri dan melukai diri sendiri pada konten-konten yang tersebar di Instagram.

Hasilnya, Facebook dapat menindak 40 persen lebih banyak konten pada platform-nya dan meningkatkan proaktivitas deteksinya hingga lebih dari 12 poin dibandingkan laporan terakhir mereka.

Kini, Facebook juga mengembangkan teknologi yang digunakan untuk memindai konten berbau eksploitasi seksual dan pelecehan anak yang akan digunakan pada Facebook dan Instagram. (*)

Related Articles
Tech
Makin Nyaman, YouTube, Gmail, Twitter, hingga WhatsApp Bisa Mode Gelap

Tech
Instagram Live Kini Bisa Langsung Disimpan ke IGTV

Interest
Kalian Masih Pake OS ini di Android dan iPhone? Siap-siap Gak Bisa Pake WhatsApp