Tech

Twitter Berlakukan WFH Permanen untuk Karyawannya

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 13th 2020

 

Sikap tegas diambil CEO Twitter, Jack Dorsey. Demi menjaga keselamatan karyawannya selama pandemi Covid-19, dia membolehkan mereka untuk tetap bekerja dari rumah atau work from home (WFH) selama mungkin sepanjang dirasa perlu. 

Melalui sebuah email lain kepada media TechCrunch, Twitter mengonfirmasi kabar tersebut.

"Jika karyawan kami mampu bekerja dari rumah masing-masing dan mereka mau melakukannya secara permanen, maka kami akan membuatnya mungkin. Jika tidak pun, pintu kantor kami selalu terbuka untuk menyambut mereka kembali, dengan catatan situasi sudah aman," demikian tulis Twitter dalam emailnya.

Walikota San Francisco London Breen mengumumkan pada 27 April lalu bahwa imbauan untuk WFH di kota tersebut akan diperpanjang hingga akhir Bulan Mei. Sementara Gubernur Gavin Newsom sudah memberi sinyal bahwa perintah karantina wilayah akan ditarik secara bertahap.

Dengan adanya instruksi tersebut, perkantoran kemungkinan sudah bisa beroperasi kembali. Meski begitu, Twitter mengambil langkah yang hati-hati sebelum memutuskan kembali kerja di kantor.

"Kami akan kembali membuka kantor, itu keputusan kami, sementara keputusan kapan karyawan kami akan kembali bekerja di kantor ada di tangan karyawan kami," ujar Kepala Bagian SDM Twitter Jennifer Christie.

Kantor kemungkinan baru akan dibuka Bulan September mendatang. "Dan meskipun kami akan membuka kantor kembali, itu tidak berarti situasi akan langsung kembali seperti semula. Kami akan melakukannya dengan berhati-hati, terencana dan bertahap," lanjut Christie.

Twitter juga akan meniadakan perjalanan bisnis sebelum September dan meniadakan segala event sepanjang 2020. 

Langkah yang diambil Twitter serupa yang langkah yang diambil perusahaan teknologi lainnya seperti Facebook dan Google, yang memutuskan untuk memperpanjang kebijakan KDR hanya hingga akhir 2020. (*)

Related Articles
Current Issues
Hadapi Hoaks Seputar Covid-19, WHO Rilis Aplikasi 'WHO MyHealth'

Current Issues
Menilik 5 Wabah Terparah Sepanjang Sejarah dan Bagaimana Mereka Diakhiri

Current Issues
Facebook Perpanjang Masa WFH Karyawannya Hingga Akhir 2020