Tech

Play Music Hilang Tahun Ini, Google Luncurkan Alat Migrasi ke YouTube Music

Dwiwa

Posted on May 13th 2020

Butuh waktu lama bagi Google untuk memoles YouTube Music (YTM). Banyak pengguna Google Play Music (GPM) yang masih merasa tidak puas dengan aplikasi streaming baru ini. Namun dengan adanya penambahan fitur baru seperti dukungan mengunggah file dan tab Explore, Google menganggap jika YTM hampir siap untuk menggantikan GPM pada akhir tahun ini.

Dilansir dari Android Police Google kemudian meluncurkan alat migrasi yang memungkinkan pengguna GPM memindahkan semua konten ke platform baru itu. Meskipun saat ini keduanya masih bisa diakses. Pengguna juga dapat memindahkan podcast ke Google Podcasts.

Selama beberapa minggu ke depan, pengguna yang menggunakan layanan streaming asli milik YouTube akan melihat banner di YTM dan GTM. Banner itu menginformasikan jika platform lama akan hilang. Meskipun proses ini masih butuh waktu, tetapi kalian sudah bisa memindah semua konten GPM ke YTM.

Untuk bisa melakukannya, kalian bisa berkunjung ke music.youtube.com/transfer. Link itu sudah disempatkan pula di banner yang terpasang di kedua aplikasi tersebut. Proses transfer ini juga bisa dilakukan dengan mencari “Transfer from Google Play Music” di pengaturan YTM .

Ketika proses berangsung, layar akan memberi tahu jika semua data, termasuk rekomendasi musik, daftar putar, lagu yang disukai dan tidak, album dan lagu dalam perpustakaan, hingga status keanggotaan akan dipindahkan.

Rekomendasi lagu akan dipindahkan terlebih dahulu, jadi kalian bisa segera menjelajahi YTM dengan personalisasi milik kalian. Akan ada pula spanduk yang memberi tahu tentang proses pemindahan, ketika diketuk, kalian bisa melihat konten mana saja yang sudah selesai.

Jika semua proses sudah selesai, akan ada pemberitahuan di aplikasi dan email. Waktu yang dibutuhkan sampai beberapa hari, tergantung dari seberapa banyak koleksi yang kalian pindahkan. Perpustakaan aslinya juga masih tersedia di GPM dan kalian masih bisa memindahkannya kembali di lain waktu.

Google ingin membuat alat transfer ini sesederhana mungkin, jadi kalian bisa memindahkan semua konten atau tidak sama sekali. Setelah semua dipindahkan, kalian bisa menghapus konten yang tidak diinginkan di YTM.

Semua lagu yang telah kalian beli akan dipindahkan, tetapi beberapa konten berlangganan yang tidak tersedia di perpustakaan YTM mungkin akan hilang. Biaya langganan USD 8 juga tetap bisa digunakan tanpa perubahan, kecuali untuk negara-negara dengan mata uang yang berfluktuasi.

Bagi para pengguna GPM gratisan, proses migrasi juga tetap bisa dilakukan  dan tetap bisa menggunakannya tanpa biaya. Lagu-lagu yang diunggah dan dibeli juga bisa dimainkan secara offline dan di latar belakang.

Jika kalian mulai beralih ke YTM, beberapa pengaturan mungkin akan terlihat berbeda. Musik yang kalian unggah tidak bisa digabungkan dengan musik streaming dan memiliki tab tersendiri saat mencarinya di perpustakaan.

Semua stasiun yang kalian simpan akan berubah menjadi daftar putar di YTM. Meski begitu, lagu yang ada di dalamnya akan tetap sama. Konten yang dimainkan di YTM juga akan ditampilkan di riwayat tontonan YouTube dan daftar putar dengan video musik akan muncul di kedua platform.

Bagi yang menggunakan GPM sebagai pemutar podcast, kalian bisa memindahkan langganan dan perkembangan episode program ke Google Podcast. Caranya dengan mengakses podcast.google.com/transfer. Alat migrasi ini diluncurkan sebagai pembaruan dan dapat diakses oleh YTM versi 3.65.(*)

Related Articles
Tech
Facebook Gandeng Saingannya, Zoom, untuk Facebook Portal

Tech
Foto Orang Berkulit Hitam Tampak Hilang dari Tampilan Zoom dan Twitter. Ada Apa?

Tech
Apple Bantu Pendidikan Remote di Seluruh Dunia dengan Schoolwork 2.0