Korea

Episode Perdana "Break The Silence", Suga Bahas Andai Member BTS Mau Hengkang

Delima Pangaribuan

Posted on May 13th 2020

 
BTS punya tujuh member sejak debut dan bertahan hingga sekarang. Tentu saja menyatukan isi kepala tujuh orang itu tidak mudah. Friksi beberapa kali terjadi. Bahkan mereka sempat membahas kemungkinan untuk membubarkan diri pada 2018. 
 
Tujuh member grup yang sudah berusia tujuh tahun itu menyebut jika 2018 adalah tahun yang berat. Tekanan dan keraguan datang silih berganti. Namun mereka bertahan. "Pada akhirnya, 2018 menjadi tahun terbaik dalam perjalanan karir kami," begitu kata J-Hope seperti dikutip Koreaboo
 

Hal itu terungkap dalam episode pertama docuseries mereka Break The Silence yang tayang Selasa (12/5). Dalam kesempatan itu, Suga juga membeberkan gimana kalau salah satu member ingin keluar. Bagaimana reaksi member lain atas keputusan itu.
 
Meskipun pilihan buat keluar dari grup adalah sesuatu yang sensitif, Suga bilang kalau mereka sudah begitu dekat seperti keluarga. Dan ngomongin hal sesensitif ini pun nggak masalah. "Kami bisa mengesampingkan semua hal, dan bicara dengan nyaman tentang bagaimana kita mau maju dan berkembang," ungkapnya.
 
Kalau ada member yang mau keluar, kata Suga, member lain bakal ngajak satu orang ini buat ngobrol bareng. Mereka pertama-tama bakal mencoba meyakinkan si member ini supaya nggak hengkang.

 
Kalau ada suatu kendala yang bikin dia ingin keluar, member lain bakal ngebantu cari solusi untuk mengatasi kendala itu bareng-bareng.
 
"Kami saling menghargai satu sama lain. Jadi kalau ada yang ngerasa udah nggak bisa lagi melanjutkan (sebagai member BTS) karena suatu alasan, tentu saja kami akan mencoba meyakinkan dia dan mengajaknya berpikir bareng, mencari cara mengatasi kesulitan ini," terang Suga.
 
 
Tapi, Suga melanjutkan, mereka paham kalau ada alasan-alasan yang mungkin nggak bisa dikompromikan. Mereka sama-sama dewasa dan belajar untuk respect atas keputusan apa pun yang diambil para member.
 
"Kalau itu (usaha meyakinkan dan berpikir bersama) masih nggak cukup, kami bisa bilang ke dia, 'Kami mengerti. Ini hidupmu, jadi kami menghargai apa pun keputusanmu'," katanya.
 
Untungnya cara pertama sepertinya selalu berhasil sejauh ini. Buktinya, sampai tujuh tahun berkarir, mereka masih sama-sama bertujuh. Dan para member BTS pun masih ingin kumpul bareng dalam waktu lama.
 
Suga pernah bilang kalau dia berharap bisa terus berteman dengan keenam member lain bahkan sampai kakek-kakek. (*)
Related Articles
Entertainment
Fans Temukan Hint Film Dokumenter Baru BTS "Break The Silence"

Korea
Suga Sebut Satu Lagu dalam D-2 Awalnya Dibikin untuk Member Lain. Siapa ya?

Korea
5 Fakta Di Balik Kolaborasi IU dan Suga BTS di "Eight"