Lifestyle

Converse x ROKIT Chuck 70, Bentuk Akulturasi Basket dan Skate

Tora Nodisa

Posted on May 13th 2020

Converse merilis sepatu baru hasil kolaborasi dengan ROKIT. Kolaborasi ini menghasilkan sepatu bernama dagang Converse X ROKIT Chuck 70. Ide sepatu ini adalah untuk menggabungkan budaya basket dan skateboard, dengan sasaran pasar anak muda.

ROKIT merupakan merek baru yang diluncurkan sejak tahun 2018 lalu. Meski demikian, ketenaran brand yang satu ini sudah tidak diragukan lagi. Oleh sebab itu, Converse memutuskan untuk membuat proyek kolaborasi dengan merek tersebut.

Siluet sneakers ini adalah Chuck 70's dengan warna dasar Hitam dan Putih. Beberapa detail yang ditambahkan antara lain logo All-Star ditutup dengan kain hitam. Kanvas atas dibagi empat bagian, lalu dijahit dengan jahitan tonal. Tujuannya dibuat seperti garis lapangan basket. Sementara tekstur kanvas dibuat seperti aspal. Sama seperti jalanan kota Los Angeles, yang menjadi basket ROKIT.

Untuk ROKIT sendiri, ciri khas mereka adalah bulatan berwarna orange. Simbol tersebut ditempelkan di bagian sisi midsole. Di bagian lidah sepatu ada pesan dari ROKIT yaitu "Los Angeles 2020, Dedicated to those forever unbroken".

"Chuck 70 klasik dan terus berkembang hingga saat ini," kata Bam Barcena, direktur kreatif sekaligus salah satu pemilik ROKIT. "Gagasan awal Converse itu menjadi sepatu basket, tapi sekarang menjelma jadi ikon budaya. Keajaiban merek ini adalah tetap bertahan hingga sekarang. Semangat ini sejalan dengan misi ROKIT.

Sneakers ini dilepas ke pasaran pada minggu kedua bulan Mei. Harga retailnya sekitar USD 150. (*)

Foto: news.nike.com

Related Articles
Lifestyle
Koleksi Terbaru Converse Chuck 70 Terispirasi dari NBA All-Star 1988

Lifestyle
Converse Chuck 70 "Layers", Terinspirasi dari Kacamata 3D

Lifestyle
Converse x Scooby Doo, Rilis 11 Model Termasuk Glow in the Dark