Sport

Hormati Kobe Bryant, Mamba Sports Academy Pensiunkan Nama "Mamba"

Mainmain.id

Posted on May 13th 2020


Marcelino Bonfilio, siswa SMA St Louis 1 Surabaya yang juga skuad Honda DBL Indonesia All-Star 2019 saat berlatih di Mamba Sports Acdemy, Februari 2019 lalu. (Foto: DBL Indonesia)

Kabar mengejutkan datang dari akademi basket Mamba Sports Academy. Pengelola akademi itu memutuskan pensiunkan nama "Mamba" untuk menghormati mendiang Kobe Bryant.

Kepastian ini disampaikan oleh CEO Sports Academy Chad Faulkner, Selasa (12/5) waktu Amerika Serikat. Dikutip dari ESPN, Faulkner mengatakan akademi olahraga itu secara resmi melakukan rebranding dengan nama Sports Academy. Tidak ada lagi nama "Mamba" di sana.

Nama "Mamba" sendiri merupakan panggilan untuk Bryant: "The Black Mamba". Nama itu tercipta dari Bryant sendiri. Faulkner mengungkapkan alasan rebranding itu. Katanya, ini semua untuk menghormati Kobe Bryant.

"Keyakinan dan pemikiran kami adalah Kobe adalah satu dari satu. 'Mamba' adalah salah satu dari itu," kata Faulkner. Menurut dia, nama Mamba lebih tepat berada di tempat tertinggi, seperti Hall of Fame yang baru saja diraih Kobe Bryant. 

"Jika Anda benar-benar ingin menghormati sebuah warisan yang tak tertandingi, biarkan itu hidup sendiri. Dan kami juga akan terus melakukan pekerjaan yang kami lakukan," imbuh Faulkner.

Ia merasa beruntung bisa belajar banyak dari Kobe Bryant selama ini. "Apa yang kami dapat selama ini akan kami lanjutkan dengan cara yang terhormat," ujar Faulkner. Menurut Faulkner keputusan ini juga atas permintaan keluarga mendiang Kobe Bryant.

Dengan adanya pergantian ini, situs web pun berubah. Mambasportsacademy.com pun diredirect ke sportsacademy.us. Dan akun-akun media sosialnya menjadi @sportsxacademy.

Mamba Sports Academy sendiri diluncurkan pada 2018 sebagai bisnis pelatihan olahraga. Akademi itu merupakan hasil kerja sama antara Kobe Bryant dan Chad Faulkner. Menariknya, selama Mamba Sports Academy berdiri, ada satu tim basket dari Indonesia yang konsisten berlatih di sana tiap tahunnya.

Tim basket itu adalah Honda DBL Indonesia All-Star. Seperti diketahui, tiap tahun kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia Honda DBL selalu membentuk tim All-Star. Mereka merupakan gabungan para student athlete yang terseleksi dari ribuan para pebasket muda berprestasi di kompetisi Honda DBL.

Pada 2018, tim Honda DBL Indonesia All-Star telah mencicipi menu dan berbagai fasilitas latihan di sana. Tahun berikutnya, skuad Honda DBL Indonesia All-Star 2019 juga kembali berangkat ke California salah satunya untuk menimba ilmu di Mamba Sports Academy. (Baca juga: Seharian Belajar di Mamba Sports Academy).

Mamba Sports Academy sendiri sangat lekat dengan Kobe Bryant. Bahkan, detik-detik terakhir kehidupan Kobe Bryant sebenarnya juga terkait dengan akademi tersebut. Seperti diketahui, pada 26 Januari 2020 lalu Kobe Bryant bersama putrinya Gianna Bryant meninggal dalam kecelakaan helikopter. Saat itu mereka berdua bersama beberapa rombongan hendak menuju Mamba Sports Academy di Thousand Oaks, California.(*)

 

Related Articles
DBL All-Star
Jelang Keberangkatan Ke Amerika Serikat, Tim All-Star Honda DBL Jalani TC Lagi

Sport
Vanessa Bryant Akhirnya Angkat Bicara tentang Kematian Suaminya, Kobe Bryant

Sport
Penyebab Kematian Kobe Bryant Terungkap