Current Issues

Tanpa Prom, Sekolah di AS Punya Berbagai Cara Unik Rayakan Kelulusan

Dwiwa

Posted on May 12th 2020

Sejak pandemi Covid-19 menginfeksi, semua kegiatan sekolah terpaksa harus dibatalkan, termasuk acara kelulusan. Tetapi banyak sekolah di Amerika Serikat tetap berupaya menggelar acara kelulusan dengan cara-cara kreatif. Dengan tetap memperhatikan konsep physical distancing.

Salah satu yang menggelar acara kelulusan dengan cara kreatif adalah sekolah James Madison di Brooklyn, New York, Amerika Serikat. Dilansir dari The New York Times, sebagai ganti acara prom yang tidak bisa dilaksanakan, administrator, dan staf sekolah memajang foto yang telah dilaminasi dari 750 siswa senior yang lulus tahun ini. Foto-foto tersebut dicetak dari buku tahunan untuk kemudian dipajang di pagar yang mengelilingi sekolah.

Sekolah menengah di seluruh negeri memang tengah mencari cara kreatif untuk menghargai siswa senior yang tidak bisa menikmati kelulusan dengan pesta prom atau pesta mewah lainnya. Mereka mencoba, entah bagaimana, membuat kelulusan terasa istimewa meski tanpa upacara yang biasanya dilakukan.

Di Indianapolis, iklan di surat kabar dan papan iklan digunakan untuk memberikan selamat kepada para senior yang lulus. Foto-foto mereka diunggah beserta rencana tahun depan plus kutipan inspirasional.

Sementara itu siswa senior di Flagstaff High School di Arizona telah mendapatkan papan nama pribadi di luar rumah mereka. Siswa di Midland, Texas, akan mengadakan acara kelulusan di Big Sky Drive-In Theater, meskipun mereka harus berdiam di dalam mobil.

Pengawas sekolah menengah umum Phoenix, Chad E. Gestson mengatakan jika senior di Phoenix mulai datang ke sekolah minggu ini dengan mobil untuk mengambil topi dan gaun, sekaligus tanda kelulusan untuk diletakkan di halaman mereka.

Berbeda lagi di Bioscience High School di Phoenix. Seorang siswa bernama Ghestson mengatakan lulusan dan keluarganya berkumpul di tempat parkir besar untuk menyaksikan upacara wisuda dari dalam mobil. Di akhir acara, kendaraan akan mengantri untuk mengambil ijazah dan berforo dengan maskot sekolah, Double Helix Dragon.

“Kami melakukan simulasi kemarin. Ada 150 administrator dan pegawai ke salah satu sekolah dan mempraktekkan berapa lama acara ini berlangsung dan apa saja yang dibutuhkan. Aku berada di dalam barisan, jadi aku lulus kemarin!” ujarnya pada hari Rabu.

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Oprah Winfrey, dan LeBron James juga telah mengumumkan acara online mereka untuk para senior di seluruh negara.

Sementara video perayaan yang dilakukan oleh Kepala Sekolah di West Craven High School juga menjadi pembicaraan karena ditonton hampir 2 juta kali. Video yang berasal dari Vanceboro, North California itu memperlihatkan Kepala Sekolah West Craven High School membagikan tanda kelulusan lengkap dengan nama dan wajah untuk dipasang di halaman kepada para siswa senior.

Menurut sang kepala sekolah, Tabari Waalace, dia sengaja membuat gerakan tersebut, datang ke rumah siswa menggunakan regalia dan memastikan anggota keluarga berada di sekitar, untuk membuat upacara kelulusan mini di halaman. Hal ini sebagai antisipasi jika upacara besar tidak bisa dilaksanakan.(*)

Related Articles
Current Issues
Harimau Kebun Binatang Bronx Positif Covid-19, Ternyata Begini Cara Ngetesnya...

Interest
Hadapi Pandemi Covid-19, Begini Cara 8 Masjid Besar Dunia Beradaptasi

Current Issues
Tak Hanya Paru-Paru, Penelitian Ini Sebut Covid-19 Bisa Merusak Organ Lain