Korea

Dianggap Mirip, Fans Red Velvet Minta Starship Ganti Nama Fandom CRAVITY

Delima Pangaribuan

Posted on May 12th 2020

Boy group yang baru debut di bawah agensi Starship, CRAVITY, kemarin mengumumkan nama fandom resmi mereka. Melansir Koreaboo, Starship kasih empat pilihan nama fandom dan terpilihlah satu nama yakni LUVITY. Namun, nama fandom ini kemudian menuai kontroversi karena dianggap mirip sama nama fandom lain.

Sebelumnya, pilihan yang dikasih Starship antara lain Week (singkatan dari We Love CRAVITY), Lumini (Luminous Gemini), RAVIT (bagian tengah nama CRAVITY), dan LUVITY (Love + CRAVITY). LUVITY akhirnya mendapat vote terbanyak dan diumumkan sebagai nama resmi fandom mereka.
 
Tapi, kemudian datang kritik dari fandom lain yang ternyata namanya mirip. Pertama ada girl group Pink Fantasy yang fandomnya dikenal dengan nama Luvit. Pengucapannya pun mirip, dalam bahasa Korea dibaca "love it". Fans Pink Fantasy pun meminta supaya nama fandom CRAVITY diganti.
 

Fans CRAVITY juga mulai concern sama kemiripan nama itu. Tapi mereka ngeklaim gak tahu nama fandom Pink Fantasy sebelumnya. Mereka juga khawatir akhirnya kemiripan itu menimbulkan dampak negatif buat para member CRAVITY, karena mendapat banyak hate comments.
 
Lebih parah lagi, ternyata kritik datang dari fandom yang lebih gede lagi. Yakni ReVeluv, sebuat buat fans Red Velvet. Fandom ini sering disingkat penyebutannya jadi "Luvies" aja, biar lebih gampang.
 
Memang nggak sama persis seperti nama fandom CRAVITY. Tapi yang jadi perhatian fans adalah, fandom CRAVITY juga penyebutannya bakal disingkat jadi "luvies".

 
 
Tagar #LuviesIsReveluv pun mencuat siang ini menyusul protes fandom Red Velvet. Mereka secara tegas meminta Starship memikirkan ulang soal nama fandom ini karena sensitif di kalangan fans KPop. Setiap nama fandom punya makna tersendiri dan fans bakal berang kalau nama fandom mereka disenggol-senggol.
 
Ini bukan pertama kalinya CRAVITY bersinggungan dengan fandom lain. Nama grup mereka sendiri sebenarnya sudah dipakai sebagai nama fandom grup lain.
 
Girl group baru CRAXY mengumumkan nama fandom mereka, CRAVITY, pada Maret lalu. Tapi fans menganggap situasi ini nggak bisa dihindari karena kedua-duanya sama-sama grup rookie.
 
Fans berpikiran untuk memakai nama lain yang ada dalam daftar pilihan kemarin. Nama yang mendapat vote terbanyak kedua, RAVIT, dirasa masuk akal. Tapi pengucapannya mirip LUVIT dalam bahasa Korea, dan tulisan Hangeulnya pun bakal sama. 
 
Menurut kalian, sebaiknya nama fandom CRAVITY perlu diganti atau tetap aja? (*)
Related Articles
Entertainment
BTS Raih Sertifikat Quadruple Million yang Pertama dari Gaon!

Entertainment
Irene 'Red Velvet' Ulang Tahun, Ini 5 Cowok yang Sering Dijodohkan Sama Dia

Korea
Deretan Idol Group KPop yang Bakal Ramaikan Konser Virtual TikTok