Tech

Gantian Jadi DJ dengan Group Session, Fitur Baru Spotify

Delima Pangaribuan

Posted on May 12th 2020

(Cosmo Girl)
 
Baru-baru ini Spotify merilis fitur buat bikin playlist bareng. Yakni satu playlist bisa diisi sama beberapa akun sekaligus. Jadi kita bisa berbagi playlist dengan teman-teman kita. Nah sekarang, Spotify kembali merilis fitur "berbagi" lainnya. Yakni Group Session.
 
Mengutip Slash Gear, dengan Group Session ini kita bisa bergantian jadi DJ. Alias menentukan lagu apa yang diputar dari satu playlist yang sama di perangkat yang berbeda. 

 
Sederhananya begini. Biasanya kita memutar lagu dari satu perangkat yang terhubung ke speaker bluetooth. Perangkat lain nggak bisa tersambung ke speaker bluetooth dalam waktu bersamaan. Jadi perangkat lain tidak bisa memutar musik yang bisa diteruskan ke speaker alias pelantang. 
 
Tapi dengan fitur ini, walaupun HP kita gak nyambung dengan speaker bluetooth, asal ada HP yang masuk Group Session yang sama dengan kita, kita bisa ngendaliin lagu mana yang akan diputar dan tersambung dengan speaker.  
 

Fitur ini disediakan sama Spotify buat beberapa orang yang bekerja di tempat yang sama, yang biasanya hanya bisa bergantung sama satu sumber musik aja. Saat ini, fitur tersebut sudah tersedia dalam bentuk beta. 
 
Nggak ada batasan berapa akun yang bisa bergabung dalam Group Session ini. Tapi yang jelas, cuma akun Spotify Premium dan Spotiify Family Premium aja yang bisa menikmati fitur tersebut sementara ini.
 
Pembatasan tersebut untuk menghindari kekacauan sistem karena akun biasa cenderung bakal memainkan iklan juga dalam jeda waktu tertentu.
 
Cara kerjanya, salah satu akun yang menjadi host Group Session membuka QR code yang bakal discan sama pemegang akun Spotify Premium di sekitarnya yang ingin bergabung. Nanti mereka diarahkan ke halaman yang bisa diisi berbagai lagu yang akan diputar. Masing-masing tinggal masukin lagu yang diinginkan. 
 
Karena sifatnya berbagi, dengan Group Session ini siapa pun yang tergabung juga bisa mengontrol skip lagu atau mengulang lagu yang sama. Setiap perubahan dalam grup tersebut otomatis akan terlihat di setiap HP yang terhubung. Group Session bakal otomatis berakhir jika dalam waktu sejam dibiarkan random dan gak ada perubahan lagu.
 
Fitur ini sedikit mengingatkan sama aplikasi Turntable.FM, media sosial khusus musik. Grupnya punya chatroom dan siapa pun dalam grup bisa mengajukan diri jadi DJ. Bedanya, di Spotify Group Session nggak ada chatroom. Karena fitur ini memang khusus buat orang-orang yang kebetulan ada di ruangan atau tempat yang sama. (*)
Related Articles
Tech
Spotify Uji Coba Video Podcast untuk Pertama Kalinya, Saingi YouTube?

Entertainment
Dengerin Karya Musisi Pendatang Baru di Playlist Spotify 'RADAR Indonesia'

Interest
Banyak Pendengar, Kumpulan ‘Ceritera’ Hivi Pas Banget Sama Kisah Anak Muda