Current Issues

Facebook Perpanjang Masa WFH Karyawannya Hingga Akhir 2020

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 12th 2020

Jumat (08/05) lalu, Facebook mengatakan bahwa mereka akan terus memberlakukan work from home (WFH) alias kerja dari rumah (KDR) hingga akhir tahun 2020 bagi sebagian karyawannya.

Langkah tersebut diambil untuk mencegah penyebaran virus korona, sesuai dengan imbauan pemerintah AS. Juru bicara Facebook juga mengatakan bahwa mereka akan menutup sebagian besar kantornya hingga 6 Juli mendatang.

Perusahaan teknologi raksasa ini mengatakan bahwa terdapat beberapa faktor yang membuat mereka mengambil langkah demikian. Diantaranya adalah imbauan dari lembaga kesehatan seperti Pusat Pengendalian Penyakit Menular John Hopkins dan perintah dari Pemerintah AS. 

KDR yang diberlakukan Facebook bagi sebagian besar karyawannya sudah berlangsung sejak Maret lalu. Facebook juga tetap membayarkan upah per jam kerja bagi karyawan yang tidak bisa bekerja karena penutupan kantor atau karena sakit.

Bulan lalu, Mark Zuckerberg, CEO Facebook mengumumkan bahwa pihaknya akan membatalkan berbagai event yang dihadiri lebih dari 50 orang hingga Juni 2021 mendatang, termasuk Konferensi VR Oculus Connect yang tadinya akan digelar pada musim gugur mendatang. Semuanya dialihkan menjadi event daring.

Tidak semua karyawan bisa melakukan pekerjaannya secara remote. Namun Zuckerberg mengatakan bahwa ia berharap tidak semua orang akan kembali ke kantor dalam waktu dekat.

Keputusan Facebook untuk memberlakukan KDR hingga akhir 2020 tersebut diikuti oleh beberapa perusahaan teknologi lainnya seperti Google. (*)

Related Articles
Tech
Twitter Berlakukan WFH Permanen untuk Karyawannya

Tech
Google Maps Bisa Bantu Temukan Pusat Tes Covid-19 Terdekat

Current Issues
Vatikan dan Italia Buka Kembali Gereja untuk Pelaksanaan Misa