Hobi

Gitar Unplugged Kurt Cobain Akan Dilelang. Harga Pembukaan Rp 14,9 Miliar

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 12th 2020

Kurt Cobain adalah salah satu musisi fenomenal yang mungkin akan selalu dikenang dalam sejarah musik. Bukan hanya lewat band Nirvana dan musiknya yang dikenal secara luas, kematiannya yang tragis pada 1994 pun turut menorehkan kesan tak terlupakan di hati para penggemarnya.

26 tahun setelah kematiannya dan bubarnya Band Nirvana, kini gitar yang pernah digunakan oleh Kurt Cobain pada konser Unplugged MTV Nirvana di New York dilelang dengan harga awal USD$1 juta atau sekitar Rp 14.9 Miliar.

Gitar tersebut menjadi bagian dari Music Icons yang akan dilelang di Rumah Lelang Julien pada tanggal 19 hingga 20 Juni mendatang di Beverly Hills dan situs internet Rumah Lelang Julien.

Gitar tersebut adalah Martin D-18E keluaran 1959, lengkap dengan tas gitar hard-shell yang ditempeli flyer Feel the Darkness, salah satu album band Poison Idea tahun 1990. Tas gitar tersebut juga masih ditempeli tiga stiker bagasi bandara dan stiker Alaska Airlines.

Tas gitar tersebut berisi senar gitar Martin yang sebagian sudah digunakan, tiga buah pick gitar dan sebuah kantong kulit yang dibubuhi hiasan berbentuk sendok, garpu dan pisau kecil.

"Gitar ini telah memperoleh tempat yang pantas dalam sejarah rock & roll sebagai instrumen musik yang dimainkan oleh salah satu musisi paling berpengaruh, ikon dari salah satu penampilan musik paling bersejarah sepanjang masa," tulis Darren Julien, presiden sekaligus CEO di rumah lelang tersebut.

Selain gitar unplugged, Music Icon juga menawarkan barang-barang lainnya milik Nirvana, termasuk Fender Strat yang digunakan Cobain pada tahun 1994 di konser Utero.

Ada juga kaus berwarna perak yang ia pakai di rekaman video Heart-shaped Box, perangkat musik lain dari konser unplugged, serta lembaran lirik lagu Plateau, The Man Who Sold the World dan Lake of Fire yang digunakan Cobain saat manggung.  

Sebelumnya pada Bulan Oktober lalu, cardigan yang digunakan Cobain pada konser Unplugged berhasil dijual Julien dengan harga USD$334.000.

Selama masa lelang, gitar legendaris itu akan dipajang di Cafe Hard Rock di Piccadily Circus, London, dari tanggal 15 hingga 31 Mei, kemudian akan dipindahkan ke Rumah Lelang Julien di Beverly Hills pada 15 hingga 19 Juni mendatang. (*)

Related Articles
Hobi
Pecah Rekor! Gitar Akustik Mendiang Kurt Cobain Laku 85,6 Miliar Rupiah

Entertainment
Lirik Lagu Hey Jude yang Ditulis Tangan Paul McCartney Laku 910 Ribu US Dolar

Entertainment
Dilelang, Cardigan Kurt Cobain Laku Rp 4,6 Miliar