Sport

Bundesliga Dimulai Lagi, 'Suporter' Kardus Serbu Stadion

Mainmain.id

Posted on May 12th 2020

Masyarakat sepak bola di seluruh dunia bisa tersenyum kembali. Setelah berbulan-bulan bergelut melawan pandemi, akhirnya sepak bola dimulai lagi. Korea Selatan menjadi yang pertama. Kompetisi K-League telah dilanjutkan akhir pekan lalu. Hanya saja para pemain harus berlaga tanpa dukungan suporter di stadion.

Menyeberang ke benua biru. Salah satu kompetisi paling menarik di Eropa, Bundesliga siap dimulai kembali Sabtu (16/5) akhir pekan ini. Jerman tak hanya memutar kompetisi kasta tertingginya, DFL sebagai operator juga akan menggelar kompetisi level dua, yakni Bundesliga 2.

Kembalinya Bundesliga bak lentera di ujung lorong. Bundesliga memulihkan harapan masyarakat bola dunia untuk menyaksikan aksi pemain top dunia mengolah si kulit bundar. Bundesliga menjadi penyejuk tatkala Ligue 1 Perancis dan Eredivisi Belanda harus berakhir lebih cepat. Mereka tersungkur setelah dihantam pandemi Covid-19.

DFL menegaskan bahwa kompetisi Bundesliga, yang masih menyisakan sebelas pekan, memang akan diteruskan. Tapi tidak boleh ada satu pun penonton yang hadir di stadion. Yang boleh di area stadion hanya 322 orang. Terdiri dari pemain, pelatih, staf tim, perangkat pertandingan, petugas medis, dan petugas terkait lainnya.

Suporter tak kehilangan akal. Mereka ingin memastikan tim pujaannya mendapatkan dukungan penuh ketika berlaga di kandang sendiri. Tengok apa yang sudah dilakukan fans Borussia Moenchengladbach. Mereka sudah mempersiapkan kardus yang dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai dirinya.

"Suporter Borussia Monchengladbach sudah memesan lebih dari 12 ribu potongan kardus bentuk diri mereka. Untuk membantu mengisi Borussia-Park saat Bundesliga kembali dimainkan tanpa penonton," tulis situs resmi Bundesliga.

Suporter Borussia Monchengladbach membuat program bertajuk Cardboard You. Melalui kampanye ini para suporter bisa memesan kardus yang memvisualisasikan dirinya. Dengan 12 ribu suporter kardus, maka hampir seperempat tempat duduk di Stadion Borussia-Park akan terisi oleh 'perwakilan' suporter tersebut.(*)

Foto: Borussia Monchengladbach

Related Articles
Sport
Bundesliga Jerman Dilanjutkan, tapi Tanpa Penonton

Sport
Lima Liga Top Eropa Siap Bergulir Kembali

Sport
Presiden UEFA Umumkan Musim Akan Berakhir Dengan Satu Syarat