Tech

Robot Anjing Ini Awasi Manusia Agar Lakukan Physical Distancing

Gunawan Sutanto

Posted on May 12th 2020


(Interesting Engineering)

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Indonesia banyak mendapatkan kritikan dari masyarakat, salah satunya di Surabaya. Banyak yang mengkritik ketidakberhasilan PSBB di Kota Pahlawan karena kurangnya upaya memaksa orang untuk menerapkan physical distancing.

Nah, mungkin cara di Singapura ini bisa ditiru nih. Di Singapura, Pemerintah menggunakan robot anjing untuk berpatroli mencari manusia agar menerapkan jarak aman. Robot anjing buatan Boston Dynamics itu sebenarnya bukan dibuat untuk mengatasi pandemi Covid-19. Robot itu sudah ada sejak dua tahun lalu.

Namun robot yang bisa dikendalikan dari jarak jauh itu kini diujicoba oleh lembaga keamanan cyber Singapura untuk turut memerangi Covid-19. Robot bernama Spot itu punya kemampuan berlari mengejar targetnya, membuka dan menutup pintu. Serta yang tak kalah penting, dia bisa beroperasi di segala medan dan cuaca.

Spot mulai beraksi di area publik sejak Jumat lalu (8/5). Tugasnya berpatroli menyisir area publik --seperti taman-taman-- untuk mengamati manusia agar tetap berada di jarak aman. Robot berwarna kuning dan hitam itu dilengkapi kamera yang mampu menganalisa berapa banyak orang berkumpul dan berapa jarak terdekatnya.

Begitu menemukan manusia berkumpul, robot itu memutarkan suara rekaman yang isinya imbauan. "Ayo jaga Singapura tetap sehat. Untuk keselamatan Anda sendiri dan bagi orang-orang di sekitar Anda, berdirilah setidaknya satu meter. Terima kasih," ucap Spot yang suaranya diisi seorang perempuan.

Keberadaan Spot sebenarnya juga sempat menuai kontroversi. Banyak pengunjung taman yang merasa sebenarnya udah berada di jarak aman, tapi mereka ketakutan karena Spot terus berlari mendekat. Paradoksnya, banyak orang yang merasa tidak takut malah berfoto bersama robot unik ini.

Namun bukan hanya Spot saja yang diterjun melakukan patroli di Singapura. Pemerintah juga mengerahkan 30 pesawat tak berawak untuk memonitor taman-taman dan area publik lainnya.

Selain dikerahkan untuk patroli, Spot juga ada yang ditempatkan di Convention Center Changi. Di mana tempat itu menjadi penampungan pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Di sana Spot membantu petugas medis memberikan barang-barang penting. seperti obat-obatan kepada pasien. Tujuannya untuk meminimalisir petugas kesehatan agar tidak terpapar virus.(*)

Related Articles
Current Issues
Musim Panas Datang, Akankah Virus SARS-Cov-2 Jadi Tak Berdaya?

Tech
Biar Jarak Aman Fix 2 Meter, Pakai Bantuan Google AR Aja

Current Issues
Rahasia Selandia Baru 'Menang' Lawan Coronavirus