Tech

Gelar Wisuda di Tengah Pandemi, Kampus ini Ganti Wisudawan dengan Robot

Mainmain.id

Posted on May 11th 2020


Dekan Sekolah Manajemen Global Arizona State University Sanjeev Khagram usai melakukan gladi resik wisuda virtual bersama calon wisudawati Juili Kale.

Banyak siswa atau mahasiswa yang lulus tahun ini mengeluh. Sebab mereka tak bisa melakukan wisuda kelulusan karena pandemi Covid-19. Namun, cara kreatif dilakukan Arizona State University. Mereka tetap akan menggelar wisuda. Nah kok bisa? Apa tidak memperhatikan aturan lockdown di negaranya?

Tenang, mereka memang akan menggelar wisuda, tapi tak menghadirkan wisudawan atau wisudawati kok. Sebagai gantinya acara wisuda digelar secara virtual.

Tapi, bukan sekedar menggelar video conference biasa seperti kita sedang belajar atau meeting virtual ya. Mereka melaksanakan prosesi wisuda dengan mengganti para wisudawan dan wisudawati dengan robot.

Robot setinggi manusia itulah yang akan naik ke podium untuk menerima ijazah kelulusan. Robot itu yang membuat seolah-olah wisudawan-wisudawati ikut prosesi wisuda. 

Di bagian "kepala" robot itu diberi layar dan kamera. Di layar itulah si dekan yang memberikan ijazah bisa melihat si wisudawan yang tengah menghadap ke webcam laptopnya. Nah, karena di "kepala" robot itu juga terdapat kamera, maka si wisudawan juga bisa melihat dekannya.

"Selamat Juili atas kelulusan diplomamu," ucap si Dekan Sekolah Manajemen Global Arizona State University Sanjeev Khagram ketika melakukan gladi resik, akhir pekan kemarin. Juili yang dipanggil oleh Sanjeev adalah mahasiswanya yang telah lulus tahun ini. Juili merupakan mahasiswi asal India. Nama lengkapnya Juili Kale.

Juili pun menjawab terima kasih dari layar laptopnya di tempat tinggalnya. Semua wisudawan dan wisudawati seperti Juili memang bisa memegang kendali atas robot itu. Tak hanya bisa mengirimkan suara, tapi mereka juga bisa menggerakan robot itu, misalnya maju atau mundur.

Juili merasa senang dengan program wisuda virtual yang luar biasa itu. Dia awalnya sempat kecewa karena sangat ingin menghadirkan orang tua dan saudara laki-lakinya dari India untuk melihat prosesi wisudanya. Namun karena pandemi, semua rencana itu gagal.

Beruntung ada teknologi yang diciptakan kampusnya. Akhirnya orang tua dan saudara laki-lakinya tetap bisa melihat proses wisuda Juili meskipun dari jarak jauh yang rencananya digelar live Senin pagi waktu Amerika Serikat.

Dekan Sanjeev Khagram mengatakan, dalam wisuda tahun ini ada 140 wisudawan/wisudawati yang mengikuti prosesi kelulusan. Mereka semua cukup berada di depan laptopnya masing-masing untuk menggerakan robot. Sambil menghadap ke webcam dan menggunakan toga plus topi wisuda.

"Kondisi ini memang jadi pengalaman pahit. Tapi kami ingin tetap menunjukkan ke para wisudawan/wisudawati bahwa kami berupaya melakukan berbagai cara untuk membawa mereka ke pengalaman wisuda," kata Sanjeev. Kalian pengen lihat proses wisudanya? Live pukul 11 Wib, atau empat jam lagi setelah artikel ini diposting. Siaran langsung wisudanya bisa kalian lihat di video bawah ini:(*)

Related Articles
Tech
Masker Pintar Asal Jepang Ini Bisa Terhubung ke Ponsel, Salin Suara Jadi Teks

Tech
Facebook dan Instagram Bakal Selalu Ingatkan Pengguna Untuk Pakai Masker

Tech
Sejumlah Negara di Eropa Mulai Pakai Teknologi Pelacakan Covid-19 Google x Apple