Tech

Google Duo Hadirkan Banyak Fitur Baru, Bisa untuk Video Conference via Browser

Dwiwa

Posted on May 10th 2020

Baru-baru ini Google mengumumkan jika aplikasi panggilan video Google Duo bakal bisa digunakan untuk melakukan panggilan kelompok melalui browser. Ini tentu menjadi cara praktis untuk bisa terhubung dengan teman dan keluarga ditengah pandemi Covid-19.

Dilansir dari The Verge, meskipun bisa diakses melalui browser, pengguna tetap harus memiliki akun Google untuk bisa bergabung. Nah, fitur lain yang juga dihadirkan oleh Google Duo adalah “family mode”. Mode ini memungkinkan kalian mencorat-coret layar secara real time saat melakukan panggilan video. Mode ini tersedia saat mengakses Google Duo dengan akun Google.

Duo juga bisa menyembunyikan tombol untuk membisukan dan memutus panggilan ketika berada dalam family mode. Dengan begitu, kalian bisa bebas mencorat-coret layar tanpa khawatir tak sengaja memutus panggilan.

Selain itu, ada juga efek filter dan topeng seperti yang ada di Snapchat juga hadir dalam pembaruan. Fitur ini tidak hanya tersedia untuk family mode saja, tetapi juga untuk panggilan satu-satu melalui Android dan iOS.

Bulan lalu, Google mengatakan jika akan meluncurkan codec video AV1 untuk meningkatkan kualitas panggilan video Duo. Mereka juga memperkenalkan mode foto berdampingan, dan meningkatkan jumlah maksimal panggilan grup dari 8 menjadi 12 .

Berdasar pengumuman dari Google, saat ini Google Duo berada di bawah kendali Javier Soltero. Ia juga VP dan GM dari G Suite. Ini artinya dia bertanggung jawab terhadap Google Duo dan Google Meet, layanan panggilan lain milik Google. Meet sendiri awalnya merupakan aplikasi yang berfokus pada bisnis, tetapi minggu lalu dibuat gratis untuk semua orang.(*) 

Artikel Terkait
Tech
Biar Jarak Aman Fix 2 Meter, Pakai Bantuan Google AR Aja

Tech
Sejumlah Negara di Eropa Mulai Pakai Teknologi Pelacakan Covid-19 Google x Apple

Tech
Cegah “Zoombombing”, Google Meet Pasang Fitur Keamanan Kelas Online