Tech

Biar WhatsApp-an Makin Asyik, Cobain 10 Aplikasi Ini

Dwiwa

Posted on May 8th 2020

WhatsApp telah berkembang menjadi salah satu aplikasi populer saat ini dan mungkin juga aplikasi perpesanan terbaik. Aplikasi yang dimiliki oleh Facebook ini juga selalu memastikan untuk melakukan berbagai pembaruan, termasuk menambahkan beragam fitur seperti video call grup, dukungan stiker, dan lain sebagainya.

Meskipun WhatsApp sudah menjadi aplikasi yang mengesankan, tetapi beberapa aplikasi lain dapat membuatnya jadi semakin luar biasa. Aplikasi-aplikasi pihak ketiga ini dapat melengkapi beberapa kekosongan yang mungkin tidak dimiliki WhatsApp. Nah, biar nggak penasaran, berikut sepuluh aplikasi paling keren yang cocok untuk menjadi pendamping WhatsApp. 

Transcriber for WhatsApp

Aplikasi Transcriber for WhatsApp untuk menterjemahkan pesan suara ke teks. (foto:https://beebom.com/must-have-android-apps-for-whatsapp-users/)

Aplikasi ini akan sangat berguna ketika kalian mendapatkan pesan suara tetapi tidak bisa mendengarkannya. Melalui aplikasi ini, pesan suara akan disalin untuk kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk teks.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kalian cukup mengetuk dan menahan pesan suara tersebut lalu tekan tombol bagikan. Kemudian pilih ikon aplikasi Transcriber untuk menterjemahkan pesan menjadi teks. Aplikasi akan terbuka di atas jendela obrolan untuk menampilkan versi teks pesan.

Riwayat pesan suara yang sudah diterjemahkan juga akan disimpan di aplikasi sehingga kalian bisa melihatnya sewaktu-waktu. Hingga tulisan ini diturunkan, aplikasi ini telah diunduh oleh lebih dari satu juta pengguna di Google Playstore.


AutoResponder for WA

Aplikasi AutoResponder for WA dapat membantu membalas pesan secara otomatis. (foto:https://beebom.com/must-have-android-apps-for-whatsapp-users/)

Bagi kalian yang merasa sedikit kewalahan membalas pesan WhatsApp satu persatu, aplikasi ini wajib menginstal AutoResponder for WA. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memungkinkan kalian untuk mengatur agar WhatsApp bisa merespon otomatis pesan dari kontak tertentu atau semua orang.

Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis, tetapi harus puas dengan segala keterbatasan yang ada. Jika ingin menikmati fitur penuh, kalian harus mengupgrade menjadi versi PRO dengan harga sekitar USD 5.


WAMR

Aplikasi WAMR untuk mengembalikan pesan terhapus dan download status. (foto:Screencapture)

Apakah kalian pernah mengalami seseorang mengirim pesan tetapi segera menghapusnya padahal belum sempat dibaca? Nah, agar hal ini tidak terulang, kalian wajib memasang aplikasi WAMR. Dengan aplikasi pihak ketiga ini, kalian bisa mengembalikan pesan yang telah dihapus tersebut tapa kehilangan apapun.

Aplikasi ini pada dasarnya memanfaatkan izin pemberitahuan untuk menyimpan salinan pesan begitu masuk ke dalam smartphone. Selain itu, WAMR juga bisa digunakan untuk memulihkan gambar dan juga video yang telah dihapus, termasuk catatan suara, gif hingga stiker.

Bahkan berdasarkan pembaruan paling anyar, aplikasi ini telah dapat digunakan untuk mengunduh status. Tetapi harus diingat agar bisa memulihkan media yang telah dihapus, media tersebut harus diunduh secara penuh di smartphone sebelum bisa dibuat salinan. 


SKEDit Scheduling App

SKEDit Scheduling App membantu menjadwalkan pesan otomatis. (foto:https://beebom.com/must-have-android-apps-for-whatsapp-users/)

Jika kalian sedang mencari aplikasi untuk penjadwal pesan untuk WhatsApp, SKEDit menjadi solusi yang tepat. Dengan aplikasi ini, kalian bisa menjadwalkan pesan dengan beberapa langkah sederhana. Begitu kalian mengunduh dan menginstal aplikasi, kalian akan diperlihatkan banyak aplikasi yang bisa terhubung dengan SKEDit.

Kalian cukup memilih WhatsApp dan hubungkan akun. Setelah itu, kalian akan dibawa ke halaman dimana penjadwalan pesan bisa dilakukan. Aplikasi ini bisa diunduh gratis dan dapat bekerja secara otomatis. Jadi kalian bisa mengatur jadwal pesan dan kemudian melupakannya.


Sticker Maker

Aplikasi Sticker Maker untuk membuat stiker sendiri. (foto:Screencapture)

Beberapa waktu lalu, WhatsApp telah memperkenalkan fitur yang mampu membagikan stiker di Android dan iOS. Sayangnya, stiker yang disediakan secara resmi oleh WhatsApp sangat terbatas dan mungkin tidak sesuai dengan apa yang ingin kalian ungkapkan.

Nah, jika kalian tipikal pengguna yang kreatif dan selalu ingin tampil beda, aplikasi Sticker Maker wajib diunduh. Dengan aplikasi ini, kalian bebas membuat stiker sesuai dengan keinginan. Bahkan termasuk menggunakan wajah kalian sendiri untuk dijadikan stiker.


Notify

Aplikasi Notify untuk menerima dan membalas notifikasi lebih mudah. (foto:https://beebom.com/must-have-android-apps-for-whatsapp-users/)

Aplikasi Notify ini menawarkan cara yang lebih mudah untuk menerima dan membalas notifikasi dibanding WhatsApp. Percakapan yang masuk akan dibuka dalam bentuk gelembung atau serupa Facebook Messenger dan memungkinkan kalian untuk membalas pesan tanpa harus meninggalkan aplikasi lain yang sedang dibuka.

Aplikasi ini didesain sederhana dan  memungkinkan pengguna untuk tetap bisa berbagi pesan tanpa mengganggu kegiatan lain. Selain WhatsApp aplikasi ini juga bisa digunakan di Telegram, Line, Hangouts, SKype, Twitter, Facebook Messenger, Google Messenger, Gmail, Inbox, Plus Messenger, QKSMS, Groupme, Threema, KakaoTalk, Tango, VK, ChompSMS, textPlus, dan Tetra.


Ropshop

Aplikasi Cropshop untuk membuat foto profil berbagai ukuran. (foto:https://beebom.com/must-have-android-apps-for-whatsapp-users/)

Sampai saat ini WhatsApp hanya mengizinkan foto yang berbentuk persegi untuk dijadikan gambar profil. Dengan menggunakan Cropshop, kalian tidak lagi perlu mengkhawatirkan hal ini. Foto favorit kalian yang memiliki beragam ukuran bisa kalian pajang sebagai gambar profil.

Selain itu, kalian juga bisa mengedit dan menambahkan latar belakang buram yang akan membuatnya memiliki bentuk persegi. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk melakukan edit foto dasar dan menambahkan beberapa filter pada foto sebelum mengunggahnya.


Status Saver

Aplikasi Status Saver yang memungkinkan untuk menyimpan status. (foto:Screencapture)

WhatsApp telah berkembang tidak hanya menjadi sebuah aplikasi perpesanan tetapi juga menjadi platform sosial media yang memungkinkan orang untuk membagikan foto, video atau apapun yang mereka inginkan. Terkadang, status yang dibuat oleh teman mungkin tampak menarik dan ingin disimpan. Namun sayangnya WhatsApp tidak mengizinkan hal itu.

Namun, jika kalian mengunduh dan menginstal Status Saver, hal itu bukan lagi menjadi masalah. Kalian pun hanya perlu melihat status di WhatsApp dan secara otomatis akan langsung diunduh oleh Status Saver. Bahkan, kalian bisa mengunduh foto dengan kualitas asli. Aplikasi ini juga akan mengirimkan notifikasi jika ada teman yang mengunggah status.


File by Google

Aplikasi Files by Google untuk membersihkan ruang di ponsel. (foto:Screencapture)

Dengan semakin banyaknya fitur baru yang ditambahkan ke WhatsApp, gambar, stiker atau video yang dikirim jadi menumpuk. Terkadang, media yang dikirim tersebut sebenarnya sama dan pada akhirnya membuat ruang ponsel menjadi kehabisan ruang.

Nah, agar hal ini tidak terjadi, kalian bisa mengunduh File by Google. Dengan aplikasi ini akan membuat kalian lebih mudah menghapus file sampah tanpa perlu repot memilih satu persatu.

Dengan algoritma canggih, aplikasi ini dapat mendeteksi dengan cukup baik. Selanjutnya, kalian bisa langsung menghapus file sampah tersebut hanya dengan satu ketukan.


AppLock

Aplikasi AppLock untuk melindungi WhatsApp agar tidak dibaca orang lain. (foto:https://beebom.com/must-have-android-apps-for-whatsapp-users/)

Jika WhatsApp adalah aplikasi utama yang paling diandalkan, mungkin kalian ingin lebih melindunginya agar tidak ada orang iseng yang mengintip. Memasang aplikasi yang dapat mengunci WhatsApp mungkin menjadi salah satu pilihan paling tepat. Ada banyak sekali aplikasi di Google Play Store, tetapi App Lock adalah salah satu yang paling populer.

Begitu kalian membuka aplikasi tersebut, kalian akan diminta untuk mengatur kata sandi atau pola. Kalian juga bisa menggunakan pemindai sidik jari untuk ponsel yang memiliki fitur ini. Setelah selesai, kalian bisa mencari WhatsApp di dalam daftar dan mengetuk gambar kunci di sebelahnya untuk mengatur kunci pada WhatsApp.

Sebagai catatan, WhatsApp juga telah memperkenalkan fitur penguncian aplikasi tersendiri. Fitur ini memanfaatkan mekanisme penguncian ponsel dan memungkinkan kalian mengatur kata sandi terpisah untuk WhatsApp agar lebih aman. 


Artikel Terkait
Tech
Ini Deretan Aplikasi Paling Banyak Diunduh di PlayStore Selama Pandemi

Hobi
Genshin Impact Mendominasi, Ini Daftar Lengkap Game Terbaik 2020 Google Play

Tech
Waspada, Malware Baru Android Menyamar Sebagai Pembaruan Sistem