Entertainment

Mau Main Animal Crossing tapi Gak Punya Switch? 7 Game Mobile Ini Solusinya

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 8th 2020

Dirilisnya game Animal Crossing: New Horizons di platform Nintendo Switch pada Maret 2020 lalu berhasil menghadirkan semacam pelipur lara bagi semua orang selama pandemi Covid-19. Permainan ini seolah mewakili keinginan semua orang untuk bisa keluar rumah dan beraktivitas outdoor, namun terhalang Covid-19.

Meski demikian, bagi sebagian kalangan, Animal Crossing: New Horizons terkesan eksklusif dan tidak terjangkau, karena bukan saja game-nya hanya bsia dimainkan di Nintendo Switch, tapi harga konsol Nintendo Switch untuk memainkan game ini memang masih tergolong mahal.

Alhasil, banyak orang yang ingin memainkan game ini terpaksa hanya mampu ngiler melihat teman-teman mereka yang memiliki Nintendo Switch.

Walau demikian, tidak perlu khawatir. Ternyata Animal Crossing: New Horizons bukan satu-satunya game ber-genre social simulator di dunia ini. Dan kabar baiknya, game-game sejenis lainnya banyak yang bisa dimainkan secara gratis di ponsel Android maupun iOS. Apa saja game-nya? Berikut Mainmain.id rangkumkan buat kamu!

1. Animal Crossing: Pocket Camp

Sebenarnya, Nintendo memang sudah menyediakan game Animal Crossing khusus untuk mobile. Meski game untuk ponsel pintar ini tidak seluas versi Switch, tapi banyak elemen-elemen serupa di antara kedua game tersebut.

Para pemainnya mendirikan sebuah perkemahan, lalu mengembangkan kemahnya dengan berbagai jenis item yang bisa ditemukan sepanjang permainan. Animal Crossing: Pocket Camp menyediakan 1.000 jenis furnitur, 300 jenis item pakaian dan berbagai mini-game dan banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di game ini.

 

2. Harvest Moon: Seeds of Memories

Harvest Moon mungkin adalah pesaing terkuat Animal Crossing dalam pasar game bergenre social simulator. Harvest Moon memiliki full game yang bisa dimainkan di ponsle pintar. Harvest Moon: Seeds of Memories sangat mirip dengan Harvest Moon 3D: The Lost Valley.

Seperti di game Harvest Moon lainnya, pemain bisa bercocok tanam, berinteraksi dengan penghuni desa, memelihara binatang dan lain sebagainya. Perbedaan mencolok antara Harvest Moon dan Animal Crossing terletak pada gameplay Harvest Moon yang lebih menyerupi farming simulator.

Meski begitu, suasana permainannya juga santai dan menyenangkan, mirip Animal Crossing. Game ini dijual seharga USD 9,99 tanpa ada sistem pay to win ataupun iklan. Game ini juga terkadang dijual separuh harga.

 

3. Happy Street

Happy Street adalah game hibrid 2D berupa simulator pembangunan kota, pertanian dan sosial. Di game ini, pemain dapat membangun kota untuk menyejahterakan penduduknya, mengumpulkan sumber daya tertentu, bercocok tanam dan mengeksplorasi wilayah sekitarnya.

Meski belum secanggih Animal Crossing atau Harvest Moon, game ini juga santai dan bisa dimainkan kapanpun kamu mau, gratis pula. Satu-satunya kekurangan game ini mungkin adalah pemainnya harus memiliki akun Facebook.

 

4. Minecraft

Minecraft memang game klasik yang tidak ada matinya. Di game Minecraft ini, pemain bisa bertani, merakit berbagai benda, menjelajah, mendirikan bangunan dan melakukan hal-hal basic lainnya dalam game social simulator. Game ini dijual seharga USD 6,99.

 

5. Poom Games

Poom Games sendiri sebenarnya bukan nama game, tapi pengembang game di Google Play. Poom Games memproduksi berbagai game yang mirip dengan Animal Crossing, seperti Cat Forest, contohnya.

Pemain memulai gamenya dengan membangun sebuah perkemahan, mengumpulkan pengunjung kemah dan melakukan hal-hal lainnya. Pemain game ini juga dapat mengumpulkan berbagai jenis item, membangun, bertani dan lain sebagainya.

Selain Cat Forest, Poom Games juga menawarkan game Animal Camp, dimana pemain mendirikan sebuah kota resor di sebuah pulau. Kedua game besutan Poom Games tersebut dapat dimainkan secara gratis.

 

 

6. Seabeard

Di antara semua game lainnya yang mirip dengan Animal Crossing, Seabeard mungkin yang paling "senior" karena sudah berusia enam tahun. Pemain Seabeard berperan sebagai seorang bajak laut.

Pemain dapat menjelajahi pulau di sekelilingnya, memasak makanan, bertemu karakter lainnya, bertukar item serta menolong orang-orang yang terdampar di pulau. Game ini bisa dimainkan dengan harga USD 6,99.

 

7. Stardew Valley

Untuk alasan yang sama seperti Harvest Moon, Stardew Valley mungkin adalah game yang paling mendekati Animal Crossing dalam segi keasyikan memainkannya. Stardew Valley tidak memiliki karakter hewan-hewan menggemaskan, tapi selebihnya, game ini sangat layak dimainkan.

Pemain Stardew Valley berperan mengelola lahan pertanian yang ditinggalkan, melakukan sesuatu bersama penduduk kota, memancing, merakit berbagai benda, bercocok tanam dan masih banyak lagi. Stardew Valley hingga kini masih dikembang dengan aktif oleh developer-nya dan memiliki lebih sedikit bug dibandingkan Harvest Moon.

Game yang dijual seharga USD 6,99 ini dapat dimainkan secara gratis jika kamu memiliki Google Play Pass, tanpa ada pembelian item in-app.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
Dari J-Hope 'BTS' sampai Mina 'TWICE', 9 Idol ini Ikutan Hype Animal Crossing!

Tech
Catat! Pokemon Go Tak Bisa Dimainkan di Perangkat Ini Mulai Oktober

Tech
Bulan Depan, Clubhouse Bakal Ada di Android?