Tech

Begini Cara Bikin Live Wallpaper di Ponselmu

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 8th 2020

Live wallpaper adalah salah satu fitur yang dapat membuat aktivitas menggunakan ponsel menjadi semakin seru. Wallpaper yang dapat bergerak seperti gambar GIF ini biasanya dapat diunduh, baik secara gratis maupun berbayar. Tapi jika bisa membuatnya sendiri, kenapa tidak?

Live wallpaper memang bisa dibuat sendiri secara langsung di ponsel pintar, baik yang berbasis Android maupun iOS. Artikel ini akan membahas bagaimana caranya.

Pembuatan live wallpaper di iPhone sedikit lebih mudah daripada di ponsel berbasis OS Android.

Live wallpaper bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi tertentu yang bisa diunduh di Apple Store, namun bagi pemilik iPhone 6S atau keluaran setelahnya (kecuali generasi pertama dari iPhone SE), tidak perlu mengunduh apapun, karena kamu bisa membuatnya langsung dengan fitur bawaan dari iPhone-mu, yaitu Live Photos dan Haptic Touch.

Live Photos serupa dengan fitur story di instagram, membuatmu bisa mengedit video sangat pendek. Video hasil editanmu juga dapat dipakai sebagai live wallpaper. Caranya :

1. Masuk ke menu Setting, lalu pilih Wallpaper.

2. Pilih New Wallpaper, lalu scroll ke bawah dan pilih Live Photos

3. Pilih foto yang ingin kamu pakai. Pastikan kalau Live Photo-mu sudah diaktifkan.

4. Pilih Set. Silakan pilih, apakah hasil Live Photo itu mau kamu pakai di layar kunci atau di layar kunci dan home screen sekaligus. Jangan pilih hanya di home screen, karena gambarnya tidak akan bergerak saat menjadi wallpaper homescreen saja.

Selesai deh, kamu sudah punya live wallpaper-mu sendiri. Live wallpaper ini hanya akan bergerak di layar kunci ketika kamu menekan layar ponselnya.

Jika kurang puas dengan hasilnya, kamu juga bsia menggunakan beberapa aplikasi iOS untuk menyimpan GIF atau video lain dalam bentuk Live Photo, seperti aplikasi IntoLive dan Giphy.

Sementara untuk perangkat Android, tata caranya agak sedikit berbeda, karena ponsel dengan OS Android sangat beragam jenisnya dan tidak semuanya menyediakan fitur bawaan seperti Live Photo di iOS.

Pengguna Android perlu mengunduh aplikasi pembantu dulu, seperti Video Live Wallpaper, Live Wallpaper Maker, GIF Live Wallpaper, dan Live Wallpapers HD & Backgrounds 4k/3D.

Masih banyak lagi jenis aplikasi pembuat live wallpaper seperti Muzei Live Wallpaper yang menyediakan template baru setiap harinya, atau Forest Live Wallpaper yang menyediakan template bergambar hutan. Tinggal pilih dan gunakan sesuai keinginan dan kebutuhanmu.

Tapi jika kamu cuma mau membuat live wallpaper sendiri, maka lebih baik gunakan aplikasi Video Live Wallpaper. Langkah-langkahnya :

1. Unduh dan buka aplikasinya

2. Pilih Gallery, lalu pilih video yang mau kamu set sebagai live wallpaper

3. Berikutnya, tentukan pengaturan untuk live wallpaper-mu. Kamu bisa pilih Play Audio untuk menyalakan audio live wallpaper-mu, tapi sebaiknya jangan pilih ini jika ingin menghemat baterai ponselmu. Kamu bisa juga mengatur agar live wallpaper-mu dapat memutar kembali secara otomatis

4. Setelah selesai, tekan Set Live Wallpaper.

Gimana, tertarik mencoba? (*)

Artikel Terkait
Tech
Awas, Jutaan Ponsel Bakal Kehilangan Akses WhatsApp Mulai 1 Januari

Tech
Android Messages Beta Kini Bisa Terjemahkan Reaksi dari iOS Messages

Interest
Adopsi Fitur App Drawer, Tampilan iOS 14 Bakal Mirip Android