Sport

Pertama Di Eropa, Bundesliga Musim 2019/20 Pastikan Berlanjut Mulai 16 Mei

Dwiwa

Posted on May 8th 2020

Bundesliga menjadi liga pertama di Eropa yang memastikan diri akan melanjutkan musim 2019/2020 pada 16 Mei mendatang tanpa penonton. Keputusan tersebut diambil sehari setelah pertemuan antara Kanselir Angela Merkel dan 16 gubernur negara bagian mengizinkan agar kompetisi musim ini dapat berlanjut.

Kembali digelarnya kompetisi juga berarti kelangsungan perekonomian klub bisa dipertahankan. “Semua orang harus memahami kita bermain dalam masa percobaan. Aku berharap jika semua orang memenuhi tanggung jawab ini, konsep kami dirancang untuk dapat mendeteksi dini infeksi,” ujar Christian Seifert, CEO Bundesliga seperti dilansir dari MSN.

Seifert menyebut jika musim akan kembali dimulai dengan pertandingan putaran ke-26, termasuk Ruhr derby antara Borussia Dortmund dan Schalke pada pembukaan Sabtu depan. Otoritas lokal berharap jika para fans tidak akan berkumpul di stadion atau di bar untuk menonton pertandingan bersama-sama.

Seifert juga mengingatkan jika semua orang yang terlibat harus memastikan untuk selalu menjaga kebersihan untuk memastikan penangguhan lain tidak diperlukan. Bundesliga sendiri terpaksa dihentikan sejak 13 Maret dengan menyisakan 9 pertandingan demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Setelah pertandingan kembali bergulir, putaran terakhir dari liga utama Jerman ini direncanakan akan berlangsung pada 27-28 Juni. Seifert pun mengumumkan jika divisi kedua, juga akan kembali menjalani kompetisi pada 16 Mei.

Hingga saat ini, setidaknya ada 10 kasus positif Covid-19 yang ditemukan dalam dua gelombang tes pada 36 klub profesional dengan dua kasus positif lain di gelombang ketiga.

Pada awalnya, tim akan menghabiskan waktu dua minggu sebelum pertandingan dapat dilanjutkan kembali. Namun kesepakatan untuk memperpendek waktu isolasi di kamp pelatihan akhirnya dibuat karena pemain telah menjalani tes secara reguler.

Hingga Kamis, Johns Hopkins University melaporkan setidaknya ada 170 ribu kasus Covid-19 di Jerman dengan kematian lebih dari 7 ribu. Meski begitu, jumlah infeksi harian baru telah menurun secara signifikan sejak lonjakan tertinggi pada awal April.(*)

Related Articles
Sport
Bundesliga Jerman Dilanjutkan, tapi Tanpa Penonton

Current Issues
Lockdown Dibuka, di Wuhan Ada Kasus Baru, di Jerman Penderita Meningkat

Sport
Bundesliga Dimulai Lagi, 'Suporter' Kardus Serbu Stadion