Tech

Sikapi Pandemi, Apple Update Fitur Medical ID di iPhone dan Smart Watch

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 7th 2020

Pandemi Covid-19 membuat perusahaan teknologi semacam Apple terpanggil untuk berinovasi dengan lebih kreatif. Demi memudahkan para pengguna iPhone dan Apple Watch di seluruh dunia, Apple berencana akan meng-update fitur "Medical ID".

Dalam update tersebut para pengguna iPhone dan Apple Watch dapat menyimpan informasi terkait riwayat kesehatannya. Data kesehatan pengguna iPhone dan Smartwatch yang direkam di dalam Medical ID dapat secara otomatis dikirimkan ke 911 dalam keadaan darurat untuk mempermudah proses identifikasi penyakit, khususnya Covid-19.

Rabu (06/05) lalu, perusahaan ini resmi mengumumkan hal tersebut. Update fitur Medical ID akan dirilis berbarengan dengan iOS 13,5, versi beta dari operating system (OS) terbaru iPhone pada beberapa pekan mendatang.

Medical ID sendiri adalah fitur yang terangkum ke dalam Health App Apple. Pengguna iPhone dan Smart Watch dapat mengedit data kesehatan pribadi mereka, seperti golongan darah, kondisi medis khusus, alergi makanan atau kontak darurat yang bisa dihubungi.

Setelah update nanti, Apple akan dapat mengetahui lokasimu dan menentukan apakah kamu berada di area yang mendukung Enhanced Emergency Data dalam melakukan panggilan 911. Jika ya, maka sistem akan mengirimkan Medical ID-mu secara aman kepada 911 lewat pesan yang terenkripsi. 

Khusus pada Smart Watch, fitur ini dapat dipergunakan pada teknologi "deteksi jatuh" yang ada di Smart Watch 4 dan 5. Konsep fitur ini adalah mengetahui apabila pengguna Smart Watch berada dalam kondisi darurat di mana ia tidak bisa menghubungi 911 secara manual.

Fungsi terbaru dari Medical ID ini akan melengkapi fitur-fitur kesehatan yang sebelumnya sudah ada di iOS. Pengguna iPhone dapat mengatur agar Medical ID mereka dapat terlihat di layar awal, untuk mengatasi kondisi darurat di masa mendatang.

Setelah mengaktifkan fitur ini, Medical ID akan tampak di bagian bawah kiri layar, tanpa membuka kunci layar iPhone, sehingga petugas pertolongan pertama dapat melihat Medical ID tanpa berusaha membuka kunci layar terlebih dahulu. Fitur ini dinilai akan sangat bermanfaat selama masa pandemi Covid-19.(*) 

Artikel Terkait
Tech
Beta Version Android 11 Diluncurkan 3 Juni 2020, Ini Fitur Terbarunya

Tech
Apple Uji Coba Fitur Face ID dengan Masker untuk Update iOS Terbaru

Tech
Fitur Anti-Stalking untuk AirTag Muncul di iOS 15.4 Beta