Tech

Beta Version Android 11 Diluncurkan 3 Juni 2020, Ini Fitur Terbarunya

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 7th 2020

Kalian para pengguna Android ada update terbaru nih. Google memastikan akan menyelenggarakan sebuah event online sekaligus untuk memperkenalkan versi beta dari Android 11. Generasi terbaru dari operating system Android.

Event tersebut direncanakan akan berlangsung pada 3 Juni mendatang. Para eksekutif Google akan hadir sebagai pembicaranya di acara itu. Termasuk Wakil Presiden Android di bidang engineering, Dave Burke, dan Pengawas Senior Manajemen Produk, Stephanie Cuthbertson. Google juga akan menyediakan sesi tanya jawab bagi penonton untuk para pengembang software tersebut.

Dalam kondisi normal, versi terbaru dari Android biasanya dirilis di Google I/O, yaitu sebuah konferensi tahunan dan terbesar yang digelar Google. Namun karena kondisi pandemi, acara serupa terpaksa dialihkan ke media internet.

Sejauh ini, Google sudah merilis beberapa preview dari Android 11 berupa test version dari aplikasi tersebut untuk diujicoba oleh para pembuat aplikasi sebelum operating system anyar tersebut dilepas ke masyarakat luas.

Salah satu fitur terbaru dari Android 11 membuat penggunanya bisa memberikan izin akses lokasi, mikrofon dan data kamera secara one-time.

Fitur ini membuat para pembuat aplikasinya hanya memperoleh data pengguna selama pengguna Android tersebut memakai aplikasinya. Setelahnya, pengembang aplikasi perlu meminta izin kembali untuk mengakses informasi tersebut kepada pengguna Android. Itu artinya, Google lebih memperhatikan sisi keamanan dan privasi penggunanya.

Upgrade lainnya juga menghilangkan robocalls yang mengganggu. Android 11 memiliki layar panggilan telepon yang kini dapat mencegah spam calls. Android 11 juga melindungi penggunanya dari penipuan berbasis spoofing dan dapat mengetahui mengapa seseorang menolak panggilan telepon.

Jika pengguna Android 11 memberikan izin, software di dalam Android 11 akan dapat melihat apakah sebuah panggilan telepon berasal dari seseorang di kontak telepon atau nomor asing. Selama ini hal seperti ini bisa dilakukan di Android tapi lewat sebuah aplikasi khusus.

Android saat ini merupakan OS ponsel yang paling dominan di dunia. Mereka turut melengkapi 9 dari 10 telepon pintar yang ada di dunia. Tantangan terbesar Google dengan versi terbaru Android-nya adalah membuat OS mereka dapat di-install di ponsel semua orang pengguna Android.

Google sendiri belum merilis data figur pengguna dari Android 10, pendahulu Android 11. Namun saat terakhir kali Google meng-update data distribusi pengguna Android 9 sebelumnya pada Mei 2019, hanya ada 10,4 persen pengguna Android yang tercatat meng-install Android 9 di ponsel mereka.

Hal tersebut kontras jika dibandingkan dengan iPhone milik Apple, pesaing Google, dimana 77% iPhone di dunia telah meng-update OS mereka ke iOS 13, OS terbaru iPhone.(*)

Related Articles
Tech
Sikapi Pandemi, Apple Update Fitur Medical ID di iPhone dan Smart Watch

Tech
Sejumlah Negara di Eropa Mulai Pakai Teknologi Pelacakan Covid-19 Google x Apple

Tech
Google Luncurkan Nearby Share, Fitur Berbagi File Mirip AirDrop