Lifestyle

Lakukan 6 Hal Ini Agar Tetap Bersemangat dan Berenergi Selama Puasa

Dwiwa

Posted on May 7th 2020

 

Berpuasa tak menjadi alasan untuk terus-terusan rebahan. Perubahan pola makan memang kadang memicu keluhan lemas dan tidak bertenaga. Nah, biar hal itu nggak terjadi selama kalian, sangat penting untuk mengonsumsi makanan sehat saat sahur dan berbuka puasa.

Untuk lebih lengkapnya, berikut 6 tips yang bisa dilakukan untuk menjaga puasa tetap berenergi seperti dilansir dari Timesnownews.

1. Seimbangkan diet

Menyeimbangkan pola makan selama berpuasa adalah kunci utama. Sebab selama puasa, pasokan energi lebih sedikit dibanding yang digunakan. Hal ini berisiko terjadinya penurunan berat badan. Jadi, sangat penting untuk menyeimbangkan pola makan sejak mulai dari waktu sahur.

Konsumsilah makanan yang dicerna secara perlahan seperti biji-bijian, buah-buahan, kacang-kacangan, dan lain-lain. Dengan begitu, bahan makanan tersebut akan dapat selalu memasok energi sepanjang hari sehingga kalian tidak terlalu merasa lapar sampai waktu berbuka tiba.

2. Cukupi kebutuhan cairan

Cairan telah menjadi bagian sangat penting dalam tubuh manusia. Tidak heran jika para ahli selalu menyarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan sepanjang hari. Selama berpuasa, hal ini juga tetap harus dipenuhi.

Minumlah air  yang cukup saat waktu sahur agar kebutuhan cairan tubuh tercukupi sepanjang hari. Selain itu, konsumsi juga buah-buahan dan sayuran berair seperti semangka dan bayam saat sahur. Gula alami seperti yang terkandung dalam semangka juga dapat memuaskan tubuh akan rasa manis.

3. Hindari makanan siap saji

Makanan dalam kemasan atau siap saji seperti biskuit tidak direkomendasikan selama menjalani ibadah puasa. Sebab, karbohidrat di dalam makanan tersebut dapat diurai dengan cepat.

Untuk mengganti kebutuhan gula yang hilang selama berpuasa, kurma menjadi pilihan yang lebih tepat dibanding jenis makanan yang lain. Sebab buah ini akan membantu menjaga kadar gula tetap terisi.

4. Hindari makanan yang digoreng

Siapa yang suka berbuka dengan gorengan? Sebagian besar penduduk Indonesia memang menjadikan gorengan sebagai makanan wajib saat berbuka puasa. Padahal nih, sebenarnya jenis makanan ini kurang direkomendasikan oleh para ahli.

Sebab saat puasa adalah waktu bagi tubuh untuk membersihkan diri. Termasuk membersihkan racun yang ada di dalam tubuh. Makanan yang digoreng pun sebaiknya dihindari dan diganti dengan yang direbus atau dikukus. Kebiasaan ini bahkan sebaiknya berlanjut meskipun puasa sudah berakhir.

5. Olahraga secara teratur

Meskipun berpuasa, bukan berarti kalian jadi tidak boleh berolahraga lho. Jangan mentang-mentang puasa terus kalian malah jadi tidur seharian. Penting untuk membuat tubuh tidak diam dalam satu posisi sepanjang hari.

Mungkin memang olahraga yang kalian lakukan tidak bisa seintensif biasanya karena jumlah energi yang terbatas. Tetapi berjalan cepat, peregangan ringan, atau sekadar naik turun tangga dapat membuat tubuh tetap aktif dan bugar. Olahraga secara rutin juga dapat membuat metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

6. Jangan pernah melewatkan sahur

Selalu pastikan kalian bangun dan makan saat waktu sahur tiba. Sebab, makan sahur ini akan menjadi bekal energi untuk menghadapi hari hingga waktu berbuka tiba. Jadi, ingatlah untuk selalu makan dengan makanan sehat di waktu sahur ya.(*)

Related Articles
Lifestyle
Ingin Lebih Bugar dan Sehat Saat Ramadan? Ikuti Tips Sederhana Ini

Lifestyle
Coba Puasa Soda 100 Hari, Ini Manfaat yang Bakal Kamu Dapet

Lifestyle
Ini Lho Rahasia Merawat Kulit Biar Tetap Cantik Saat Ramadan