Korea

5 Fakta Di Balik Kolaborasi IU dan Suga BTS di "Eight"

Delima Pangaribuan

Posted on May 7th 2020

 
Sudah dengerin Eight berapa kali sejak dirilis kemarin? Yup, nggak bisa dipngkiri kalau lagu ini berhasil mencuri hati banyak pendengar dan langsung jadi favorit KPopers. Kombinasi vokal IU yang lembut, rap Suga yang dalem, dan musik pop-rock yang ringan bikin lagu ini manjain telinga banget.
 
Nggak cuma lagunya yang enak, berbagai fakta di baliknya juga bikin lagu ini semakin menarik. Mulai dari prestasinya di chart sampai ada teori-teori di balik MV dan lagunya. MainMain rangkumin lima fakta lagu Eight yang bakal bikin kalian makin suka sama hasil kolab IU dan Suga ini.
 
1. Sapu bersih chart Korea dan internasional

Sudah bisa diduga hype-nya lagu ini nggak main-main. Sebagai salah satu solois cewek dan idol rapper terbaik di industri KPop, IU dan Suga berhasil membuktikan chemistry yang apik di lagu ini. Nggak heran kalau akhirnya Eight merajai berbagai chart lagu baik di Koorea Selatan maupun internasional. 
 
Mengutip Soompi, lagu ini memuncaki berbagai chart. Antara lain Melon, Genie, Soribada, dan Bugs di urutan nomor 1. Selain itu, mereka juga merajai chart iTunes Top Song peringkat 1 di 59 negara! Termasuk Amerika Serikat, Singapura, Prancis, Filipina, dan Malaysia.
 
2. Pecahkan rekor unique listeners 
KPopers pasti udah familiar sama unique listeners di Melon. Nah, lagu kolaborasi IU dan Suga ini berhasil memecahkan rekor unique listeners dalam satu jam pertama. Jumlah pendengar lagu ini di situs Melon satu jam setelah dirilis mencapai 199.327 user

 
Sebelumnya rekor ini dipecahin sama BTS dengan lagu ON yang rilis bareng albumnya Map of the Soul: 7 bulan Februari lalu. Jumlah unique listeners mereka waktu itu mencapai 123 ribu. Sebelumnya lagi, rekor itu dipegang sama IU dengan jumlah unique listeners 122 ribu user untuk lagu Love Poem. Wah, ngalah-ngalahin rekor sendiri nih.
 
3. Suga muncul di MV?
Kemarin MainMain udah bahas sedikit soal MV-nya. Di sini, IU masuk ke dunia mimpi dan dikombinasikan sama animasi. Sepanjang MV itu, kita nggak melihat ada sosok Suga sama sekali. Atau...? Well, fans sempat berspekulasi kalau sebenarnya ada Suga dalam MV tersebut. 
 
Melansir Koreaboo, fans menganggap kalau cicak yang banyak muncul di MV itu mewakili Suga. Tapi, ada juga yang bilang kalau satu penumpang pesawat lain yang lagi pegang HP itu adalah Suga. Mata jeli fans menemukan kalau sosok itu pakai cincin di tangan kiri sama kayak yang dipakai Suga. 
 
4. Dapat julukan baru
Kombinasi IU dan Suga ini benar-benar bikin fans kesengsem. Suga memang kerap bikin musik bareng solois cewek, begitu pula IU yang pernah menggandeng rapper lain dalam lagunya. Tapi, menurut fans chemistry mereka ini dapet banget.
 
Sampai-sampai, fans ngasih julukan baru buat IU-Suga combi. Sebelumnya media sosial ramai sama tagar #IUxSUGA. Tapi setelah itu, fans di Korea juga ngasih nama baru yakni "Darayu". Ini merupakan gabungan dari kata "dal-a" yang artinya manis, maksudnya Suga (sugar, gula) dan "ai-yu" (pengucapan IU). Woah, so sweet...
 
5. Lagu untuk Sulli
Kurang lengkap rasanya kalau MV dan lagu baru nggak dikulik teorinya sama fans. Melihat lirik dan MV Eight ini, fans berpikir kalau lagu tersebut diciptakan IU untuk mengenang temannya yang udah meninggal, Sulli. Mengutip Koreaboo, teori ini dipercaya fans karena di MV tersebut ada sosok perempuan kecil pakai baju putih. 
 
Sebagian menganggap bahwa itu sebenarnya mewakili sosok Sulli. Dan angka delapan adalah jumlah tahun sejak mereka pertama kali berteman.
 
Buat MV-nya pun, IU sengaja kerja bareng make up stylist Sulli. Makanya ada beberapa scene yang kelihatan IU mirip banget sama Sulli. Terutama waktu dia tidur dan di akhir MV, waktu IU senyum tipis ke arah kamera dengan mata sedih. Gimana menurut kalian? (*)
Artikel Terkait
Korea
Masuk ke Dunia Mimpi IU di MV "Eight"

Entertainment
IU X Suga Bakal Berhadapan dengan 10 Idol Cowok yang Comeback Mei!

Korea
Ngobrol Soal Project, Suga dan RM BTS Update Rencana Rilis Mixtape Baru