Lifestyle

Buka Lagi 11 Mei, Disneyland Shanghai Batasi Pengunjung Hanya 30 Persen

Delima Pangaribuan

Posted on May 7th 2020

(CNN)

 

Disney mengumumkan bakal membuka lagi Disneyland Shanghai Senin besok (11/5).

Mengutip South China Morning Post (SCMP), pembukaan ini bakal jadi yang pertama dari seluruh Disneyland yang ada di dunia. Meski bakal beroperasi kembali, tapi Disneyland bakal menerapkan sejumlah peraturan baru menyesuaikan dengan kondisi pandemi saat ini.

Aturan-aturan itu dijabarkan oleh Disney Parks Chief Medical Officer, dr Pamela  Hymel di situs resmi Disneyland. Yakni, tetap menerapkan physical distancing dalam area taman hiburan. Jumlah pengunjung bakal dibatasi sekitar 30 persen dari kapasitas taman hiburan atau menyesuaikan aturan pemerintah setempat.
 
Sebagian besar atraksi di Disneyland bakal dibuka lagi, tapi nggak sampai malam. Artinya atraksi yang biasanya dilangsungkan malam hari, sementara masih ditiadakan. Selain itu, dalam rangka physical distancing juga, pengunjung nggak diperbolehkan foto bareng karakter-karakter yang ada di Disneyland seperti biasa.
 
"Kami sedang mencari cara juga bagaimana menggunakan teknologi untuk membantu upaya ini, misalnya lewat Play Disney Parks Apps di mana pengunjung bisa mengecek antrean secara virtual di Disneyland dan Walt Disney World," tulis Hymel.
 
Pengunjung diharapkan tetap pakai masker selama berada di area Disneyland. Sebelum masuk taman, bakal ada pengecekan suhu tubuh. Dan Hymel juga memastikan Disneyland bakal menyediakan hand sanitizer yang cukup di area taman dan meningkatkan kebersihan serta sanitasi. 
 
Disneyland Shanghai juga jadi yang pertama ditutup pada 24 Januari lalu akibat Covid-19. Disneyland lain di seluruh dunia menyusul selama Februari-Maret dan terakhir beroperasi pada 14 Maret. 
 
CEO The Walt Disney Company Bob Chapek menambahkan, untuk membatasi jumlah pengunjung, maka pembelian tiket juga akan dilakukan dengan sistem yang agak berbeda. Yakni, pengunjung bisa daftar dulu sebelum datang.
 
"Pengunjung diwajibkan membeli tiket untuk satu hari tertentu dan pemegang Annual Pass harus membuat reservasi sebelum kedatangan," jelasnya. 
 
Pada 2018, AECOM mencatat jumlah pengunjung Disneyland mencapai 11 juta orang setahun. Penutupan Disneyland ini jelas berdampak sangat signifikan terhadap Disney. Dilaporkan CNN, profit Disney selama triwulan pertama 2020 merosot 91 persen.
 
Pembukaan Disneyland Shanghai ini diharapkan bisa berangsur-angsur memulihkan Disney, menyusul pembukaan taman di kota-kota lain di seluruh dunia. (*)
Artikel Terkait
Current Issues
Disneyland Shanghai Kembali Dibuka, Seru-Seruan Sambil Physical Distancing!

Current Issues
Dibuka Perdana 11 Mei, Tiket Disneyland Shanghai Ludes dalam 3 Menit

Current Issues
Kematian Akibat Covid-19 Tembus Sejuta, Apa yang Harus Dilakukan?