Lifestyle

Hiroshi Fujiwara Bocorkan Nike Air Max 1 x Fragment Design "The Ten" Buatannya

Desain "The Ten" milik Fujiwara ditolak, Nike lebih pilih desain Virgil Abloh

Tora Nodisa

Posted on May 6th 2020

Rasanya memang sudah lama sekali, akhirnya rahasia itu terungkap. Ini tentang Nike yang merilis koleksi "The Ten" yang mengguncang pasar sneakers dunia. Tetapi setelah sekian lama, Hiroshi Fujiwara membuka desain "The Ten" miliknya. Yang ternyata tidak diproduksi, karena Nike lebih memilih desain milik Virgil Abloh dengan merek Off-White.

Koleksi 10 sneakers kolaborasi Nike x Off-White mengguncang dunia persepatuan sejak pertama kali diluncurkan pada bulan September 2017 silam. Namun, jauh sebelum sneakers ini muncul di pasaran, Nike sebenarnya mempertimbangkan dua desainer ternama untuk kolaborasi rangkaian sepatu ikonik bernama "The Ten".

Apa yang terjadi dibalik layar justru lebih menarik lagi. Rupanya Nike saat itu melibatkan pertarungan kreatifitas antara Virgil Abloh dengan Off-White, melawan Hiroshi Fujiwara, seorang musisi dan desainer asal Jepang. Bagi yang belum tahu Fujiwara, ia adalah pelopor "HTM" Nike, dan "Fenom" milik Levis. Fujiwara punya merek bernama Good Enough pada akhir 1980-an, dan kini punya Fragment Design.

Kembali ke "The Ten". Virgil Abloh dan Hiroshi Fujiwara sama-sama membuat 10 desain sepatu untuk Nike. Akhirnya desain milik Virgil Abloh yang terpilih. Tentu kalian pernah tahu bentuk "The Ten" milik Virgil Abloh. Ya, sepatu berbentuk dekonstruksi, atau dengan kata lain kembali ke desain awal.

Bentuknya memang sedikit tidak jelas, tapi banyak orang menyukainya. Terdapat detail tulisan-tulisan kecil yang menyatakan keterangan desainer tentang penempatan logo, atau bahan yang digunakan. Popularitas Nike x Off-White bertahan hingga 18 bulan. Selama itu, penjualan mereka menduduki puncak harga pasaran sepatu ber-sol karet.

Nike Air Max 1 x Off-White hasil karya Virgil AblohNike Air Max 1 x Off-White hasil karya Virgil Abloh. (foto: hypebeast)

Setelah bertahun-tahun berlalu, akhirnya Fujiwara menunjukkan hasil karyanya untuk "The Ten". Di akun instagram pribadinya @fujiwarahiroshi, ia mengunggah foto desain "The Ten" dengan basis sepatu Nike Air Max 1.

Tampilan Nike Air Max 1 x Fragment Design menggunakan bahan suede berwarna abu-abu terang yang mewah. Di bagian sol bawah berwarna hitam. Sejumlah elemen detail juga telah mengalami perubahan, seperti penambahan sistem hiking, logo Swoosh ukurannya lebih kecil disulam di bagian samping. Lalu ada identitas Fragment Design di bagian lidah sepatu dan tumit. Detail lain tentang kolaborasi ditambahkan di atas bantalan udara di bagian sol.

Reaksi positif ditunjukkan warganet setelah postingan tersebut. Sebanyak 20 ribu orang lebih menyukai foto itu, dan 163 komentar menyebut bahwa seharusnya desain milik Hiroshi Fujiwara juga diproduksi massal.

Oke, setelah bocoran pertama ini, apakah Fujiwara akan membocorkan sembilan desain lainnya? Lalu, bagaimana reaksi Nike? Bisa saja, pabrikan sepatu olahraga itu akan memproduksi desain milik Hiroshi Fujiwara.(*)

Foto: sneakernews

Related Articles
Lifestyle
Siap-siap! Nike Air Max 2090 x Neymar Jr. Dirilis 2 Juni 2020

Lifestyle
Nike Air Max 1 Corduroy, Koleksi Perayaan 15 Tahun Kolaborasi Nike dan CLOT

Lifestyle
Antiribet, Nike Luncurkan Sepatu yang Mudah Dipakai-Lepas Tanpa Bantuan Tangan