Tech

Kamera Tercepat di Dunia Ini Bisa Tangkap 70 Triliun Frame Per Detik

Ahmad Redho Nugraha

Posted on May 6th 2020

Kamera ponsel tercanggih saat ini bisa menangkap hingga 1.000 frame per detik. Kamera profesional canggih yang digunakan di berbagai industri bisa menangkap ribuan kali lebih banyak.

Tapi, semua itu bukan apa-apa dibandingkan dengan kamera tercepat terbaru di dunia yang bisa menangkap hingga 70 triliun frame per detik, kecepatan yang bahkan bisa menangkap gambar gelombang cahaya.

Teknologi kamera yang dinamai Compressed Ultrafast Spectral Photography (CUSP) tersebut dikembangkan oleh Caltech. Kamera ini tidak beroperasi dengan cara yang sama seperti kamera pada umumnya. CUSP menggunakan pulse cahaya laser sangat pendek yang hanya beroperasi selama satu femtosekon, atau satu per satu kuadriliun (1.000.000.000.000) detik. Bisa bayangkan gak cepatnya?

Sistem optik kamera membagi pulse tersebut ke dalam kilatan yang lebih singkat lagi, yang kemudian memicu sensor khusus di kamera tersebut untuk menciptakan gambar. Proses tersebut terjadi 70 triliun kali setiap detik.

Sistem CUSP mengadopsi teknologi terbaru yang dikembangkan oleh Lihong Wang. Versi orgininal dari teknologi ini yang bernama Compressed Ultrafast Photography (CUP), sebelumnya mampu menangkap 100 miliaar frame per detik pada 2014 lalu.

Pada 2018 lalu tim yang diketuai Wang dapat menangkap 10 trilun frame per detik dengan teknologi T-CUP, versi selanjutnya dari CUP.

Kini dengan kecepatan tujuh kali lebih tinggi, Wang dan timnya percaya bahwa teknologi CUSP dapat digunakan untuk mengamati fenomena fisika supercepat di dunia, serta dapat membantu menciptakan perangkat elektronik yang lebih kecil dan lebih sensitif.

“Kami meramalkan penggunaannya dalam mengamati berbagai fenomena supercepat di dunia, seperti perambatan cahaya, fusi nuklir, perpindahan partikel foton di awan dan jaringan-jaringan biologis, serta proses pembusukan biomolekul,” ungkap Wang.

Tim pengembang lainnya menggunakan jenis teknologi yang berbeda untuk menangkap gambar dari fenomena-fenomena tersebut. Peneliti Jepang menggunakan teknologi kamera berkecepatan 4,4 triliun frame per detik pada 2014, sementara tim peneliti dari Swedia pernah menggunakan teknologi berkecepatan 5 triliun frame per detik di pada 2017.(*)

Artikel Terkait
Tech
Tak Sekadar Mengambil Gambar, Ini 5 Fungsi Lain Kamera Ponsel yang Wajib Tahu

Tech
Tampil Flawless Saat Video Call? Pakai Kamera Mirrorless Aja. Ada Aplikasinya!

Tech
Google Pixel 6 & 6 Pro Akhirnya Rilis, Ini Detail Fitur dan Harganya!