Lifestyle

Tisu Basah Bayi Hanya Efektif untuk Bayi, Bukan Orang Dewasa

Kezia Kevina Harmoko

Posted on May 6th 2020

( hipwee.com )

 

Teman MainMain ada yang selalu membawa tisu basah ke mana-mana? Biasanya untuk menyeka wajah atau membersihkan tangan ketika lagi nggak ada sabun dan air. Praktis sih, tapi sebenarnya tisu basah yang umumnya untuk bayi nggak disarankan untuk kita yang bukan bayi lagi.

Kenapa? Tisu basah untuk bayi ini tidak membunuh kuman apa pun karena ditujukan untuk kulit bayi yang sensitif.

Fungsi utama tisu basah adalah membersihkan bagian pantat bayi ketika penggantian popok, sehingga tisu basah hanya mengandung air (water-based) dan tidak mengandung bahan pembunuh kuman. Paling-paling hanya mengandung bahan lidah buaya untuk menghindari iritasi.

Kalau misalnya tisu basah bayi mengandung bahan aktif pembunuh kuman atau disinfektan, bahan tersebut bisa menimbulkan iritasi bagi kulit bayi.

Memang ada tisu basah khusus untuk mendesinfeksi. Tisu basah jenis itu mengandung natrium hipoklorit, bahan yang biasanya terdapat di cairan pemutih pakaian. Senyawa tersebut bisa digunakan untuk pembasmi kuman dan penghilang bau.

Ada juga yang mengandung alkil, yang memang bisa digunakan sebagai pembersih.

 

Tisu basah desinfektan untuk benda keras (Amazon)

 

Tapi kita nggak bisa pakai tisu basah disinfeksi ini untuk kulit kita. Tisu basah jenis ini hanya diperuntukkan untuk membersihkan benda-benda di sekitaran kita. Gak bisa juga pakai tisu basah bayi untuk membersihkan benda-benda atau kulit kita jika tujuannya untuk membunuh kuman.

Terus, gimana dong kalau kita mau membersihkan tangan atau wajah dengan cepat? Kalau untuk tangan, sudah banyak hand-sanitizer yang bisa kita gunakan untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus yang ada di tangan kita.

Tapi tetap, cara paling efektif membersihkan tangan adalah mencuci tangan di air mengalir dengan sabun.

Untuk wajah tentunya harus cuci muka dong. Jangan pakai hand-sanitizer untuk membersihkan wajah. Hand-sanitizer umumnya mengandung bahan alkohol. Dilansir dari Alodokter, alkohol dapat merusak kelembaban alami kulit menjadi rusak, sehingga kulit kita jadi kering.

Alkohol juga bisa membuat pertahanan kulit kita melemah. Akibatnya kulit kita jadi rawan infeksi dan iritasi. Bisa pakai micellar water dulu deh. Tapi tetap harus cuci muka ya!

Nah, jangan lagi ya pakai tisu basah untuk membersihkan wajah atau tangan! Cuci tangan aja deh paling aman. Apa lagi di masa pandemi seperti sekarang, harus rutin cuci tangan. Jangan lupa tetap di rumah aja dan selalu jaga kesehatan! (*)

Related Articles
Lifestyle
Suka Nge-Snooze Alarm Pas Bunyi? Ada Kabar Buruk Nih

Lifestyle
Ini yang Akan Terjadi Jika Kalian Kurang Tidur...

Lifestyle
8 Ide Hampers Natal Unik Buat Hadiah Last Minute, Nggak Melulu Kue Kering