Interest

Pukulan Buat Twitch! YouTube Buat Kontrak Eksklusif dengan PewDiePie

Dwiwa

Posted on May 6th 2020

Streamer terkenal Felix Kjellberg atau PewDiePie baru saja menandatangai kontrak eksklusif untuk YouTube Gaming. Ini artinya pria asal Rusia ini dapat menayangkan live streaming video game secara eksklusif di platform tersebut.

PewDiePie sendiri merupakan salah satu konten kreator yang telah memiliki 104 juta subscribers dan menjadi salah satu yang paling populer dalam satu dekade terakhir. Dia juga menjadi orang kedua yang memiliki subscribers terbanyak dari semua saluran.

Dikutip dari Insider, YouTube membeberkan jika Felix telah menghasilkan lebih dari 25 miliar penonton hingga hari ini. Jumlah ini jauh melebihi sebagian besar saluran YouTube individu yang ada dalam sejarah.

Pada akhir April tahun lalu, konten kreator yang penuh kontroversi ini juga telah mendapatkan kesepakatan eksklusif dengan Dlive, sebuah platform live streaming yang berbasis blockchain.

“YouTube telah menjadi rumahku lebih dari satu dekade sekarang dan live streaming di platform tersebut terasa sangat cocok karena aku akan terus mencari cara baru untuk bisa berinteraksi dengan seluruh penggemar di dunia,” ujar Felix dalam pers rilis YouTube.

Kontrak tersebut hadir setelah berhasil melewati pertempuran panjang dari berbagai platform esports ternama untuk mendapatkan hak eksklusif terhadap influencer terbesar dalam dunia game tersebut.

Kesepakatan ini tentu bisa dianggap menjadi pukulan besar bagi Twitch, tempat Felix melakukan tayangan sebelumnya, yang telah menjadi platform live streaming populer dalam beberapa tahun terakhir.

Penambahan esports YouTube tampaknya menjadikannya salah satu pesaing berat untuk Twitch. Apalagi sebelumnya mereka juga telah menandatangani kontrak dengan Jack “CouRage” Dunlop pada November lalu. Selain itu Tyler “Ninja” Blevins, salah satu bintang besar esports, juga hengkang dari Twitch ke platform Microsofts Mixer pada akhir Agustus lalu.

Live streaming adalah sesuatu yang menjadi fokusku pada 2020 dan seterusnya, jadi untuk bisa bekerja sama dengan YouTube dan menjadi yang terdepan dalam menayangkan fitur baru adalah hal yang sangat istimewa dan menyenangkan untuk masa yang akan datang,” tambahnya.

Kepala YouTube Gaming Ryan Wyatt mengatakan kepada reporter The Hollywood pada November lalu jika platform mereka tidak secara sengaja “berburu dan membajak” kreator streaming dari platform lain. “Kami akan terus berinvestasi pada pembuat konten YouTube,” ujarnya.(*)

Artikel Terkait
Entertainment
PewDiePie Menyesal Telah Bahas Coronavirus Sebagai Guyonan

Interest
Lewat 4 Kanal YouTube ini, Kamu Bisa Belajar Empati sampai Filsafat

Interest
Jerome Polin dan Jehian Panangian Masuk Daftar Forbes 30 Under 30 Asia, Keren!