Tech

Selain Tokopedia, Data Setengah Juta Pengguna Zoom Juga Dijual di Dark Web

Dwiwa

Posted on May 5th 2020

Kemajuan teknologi memang seperti dua sisi mata uang. Selain mempermudah berbagai transaksi secara online, mengunggah data secara online juga berarti telah siap dengan segala risiko. Kermasuk kemungkinan data berhasil diretas.

Kebocoran data Tokopedia, yang merupakan e-commerce terbesar di Indonesia, menjadi bukti nyata. Tokopedia sendiri bukan satu-satunya aplikasi online yang datanya berhasil diretas oleh para hacker baru-baru ini.

Aplikasi yang sempat tenar karena kebijakan work from home, Zoom, juga diretas. Kabarnya, data Zoom sudah diperjualbelikan di situs dark web. Persis seperti Tokopedia. Tercatat ada lebih dari setengah juta detail login pengguna aplikasi Zoom yang ditawarkan dalam situs gelap tersebut.

Menurut surat kabar Sunday Times, masing-masing detail login itu dijual dengan harga 1,25 sen. Detail login pengguna Zoom ini ditemukan dan dibeli oleh perusahaan keamanan cyber, Cyble.

Data tersebut dibeli dari seseorang yang berbicara bahasa Rusia melalui aplikasi pesan Telegram, yang memungkinkan mengirim pesan tanpa nama.

Zoom Video Communication Inc memang menjadi populer semenjak pandemi Covid-19. Namun belakangan, banyak tekanan datang karena rentannya enkripsi software dalam aplikasi.

Tuntutan terkait tuduhan adanya kesalahan aplikasi yang disembunyikan pun telah dilayangkan. Selain itu, ditemukan ada banyak troll yang menyelinap dan menggangu dengan kata kasar dan pornografi dalam berbagai pertemuan online di Zoom.

Saham Zoom sendiri telah meningkat lebih dari dua kali lipat semenjak aplikasi ini semakin populer tahun ini. Tetapi para pakar privasi dan keamanan cyber merasa skeptis.

Pasalnya, mulai dari SpaceX dan Tesla Inc milik Elon Musk's, Departemen Pendidikan Kota New York hingga berbagai agensi di dunia telah melarang penggunaan aplikasi ini akibat masalah keamanan.(*)

Related Articles
Tech
Facebook Gandeng Saingannya, Zoom, untuk Facebook Portal

Tech
Biar Nggak Jadi Korban Hacker, Lakukan Hal Ini di Semua Akun Kalian

Tech
Ini Deretan Aplikasi Paling Banyak Diunduh di PlayStore Selama Pandemi