Current Issues

Di Dark Web Ada yang Mengklaim Menjual 91 Juta Data User Tokopedia

Delima Pangaribuan

Posted on May 4th 2020

(Hackread)

Update dari kebocaran data Tokopedia makin seru aja nih. Ternyata, data pengguna Tokopedia yang diretas itu sudah diperjualbelikan loh. Melansir Hackread, ada orang yang mengaku menjual 91 juta data pengguna itu dijual ke dark web dengan harga USD 5.000 atau setara Rp 75 juta. 
  
Hackread mencatat sejumlah data krusial yang bocor itu antara lain mengenai username, nama lengkap, lokasi, gender, nomor telepon, hingga password. Sejauh ini tidak ada informasi apakah kartu pembayaran yang digunakan user juga ikut bocor atau nggak.
 
Data yang dijual ke dark web itu termasuk data pengguna hingga Maret 2020. Tokopedia pun mengirim pemberitahuan kepada pengguna via email. Mereka memastikan bahwa data pengguna tetap aman dan tidak terjadi kerusakan, namun menyarankan semua melakukan penggantian password untuk meningkatkan sekuritas.
 

Belakangan, Hackread juga mengungkap kalau ada orang yang mengklaim menjual 91 juta data pengguna Tokopedia ke dark web. Hal tersebut terungkap dari screenshot yang mereka tayangkan. Di sana bahkan ada pihak yang seolah seperti pembeli data itu. Ia memberikan respon positif. "Terima kasih bro, data yang bagus".
 
Tercatat hacker yang membobol data-data pengguna Tokopedia ini juga baru meng-upload jutaan database milik website lain. Antara lain Unacademy, Chatbook, The Daily Chronicle, dan Knock CRM.
 
Jumlah datanya berkisar mulai dari 3 juta hingga 20 juta database login pengguna. Artinya Tokopedia masih yang paling besar di antara website-website tersebut. Pihak Kementerian komunikasi dan Informatika dikabarkan memanggil direksi Tokopedia hari ini (4/5) untuk membahas masalah peretasan data tersebut.
 

Tokopedia sendiri sudah membuat pernyataan terkait hal ini, yang juga dikirimkan langsung ke mainmain.id. Intinya mereka membenarkan adanya upaya peretasan data pelanggan. Namun mereka menyebut seluruh transaksi aman. "Semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit dan OVO, di Tokopedia tetap terjaga keamanannya," ujar Nuraini Razak seperti dalam rilis yang diterima mainmain.id (Baca juga: Tokopedia Pastikan Tak Ada Kebocoran Data Pembayaran).
 
Meskipun begitu mereka tetap menyarankan user untuk mengganti password demi keamanan. (Baca juga: 15 Juta Data Pengguna Tokopedia Diretas, Segera Ganti Password!). Nah buat kalian pengguna Tokopedia, selain ganti password, lakuin tips berikut ini agar lebih aman dan siap dengan kondisi terburuk: Data 15 Juta Pengguna Tokopedia Diretas! Gak Perlu Panik, Lakukan 3 Hal Ini.(*)
Related Articles
Tech
Biar Nggak Jadi Korban Hacker, Lakukan Hal Ini di Semua Akun Kalian

Current Issues
Kelompok Hacker ‘Hafnium’ Berusaha Retas Jaringan Email Milik Microsoft

Korea
Instagram Bolak-balik Mau Dibobol, Leeteuk Minta Hacker Berhenti