Tech

Data 15 Juta Pengguna Tokopedia Diretas! Gak Perlu Panik, Lakukan 3 Hal Ini

Mainmain.id

Posted on May 3rd 2020

Siapa sih yang gak panik ketika mendengar kabar 15 juta data pengguna Tokopedia diretas dan telah terkonfirmasi kebenarannya. Nah, buat kalian pelapak di marketplace itu, atau kalian sekedar pembeli setia --karena kalian termasuk ARMY BTS-- gak usah terlalu panik dulu. Nih, mainmain.id punya tipsnya buat kalian.

1. Ganti Password

Satu hal yang disarankan pertama kali oleh Tokopedia adalah ganti passwordmu. "Meskipun password dan informasi krusial pengguna tetap terlindungi di balik enkripsi, kami menganjurkan pengguna Tokopedia untuk tetap mengganti password akunnya secara berkala demi keamanan dan kenyamanan," ujar VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak seperti rilis yang diterima mainmain.id. (Baca juga: 15 Juta Data Pengguna Tokopedia Diretas, Segera Ganti Password!)

Dosen Program Studi Sistem Informasi Universitas Ma Chung Malang Soetam Rizky Wicaksono mengatakan, Toped --julukan Tokopedia-- menerapkan enkripsi hashing satu arah atau one way. Jadi waktu dekripsi hanya dengan kunci mereka sendiri, gak pakai kunci publik.

"Si pencuri mungkin cuma bisa nyolong user dan password yang terenkrip. Itu tidak mudah untuk dibaca. Bisa dicrack, tapi butuh waktu lama," jelas Soetam. Menurut Soetam, yang dilakukan peretas saat ini hanya berhasil mendapatkan email, alamat, deksripsi user saja.

 

2. Unlink Dompet Digital dan Kosongkan Saldo

Jika kalian selama ini menyambungkan (link) dompet digital atau nomer kartu kredit ke Tokopedia, ada baiknya segera kalian lakukan unlink. Sebab, meskipun peretasan ini tidak terlalu membahayakan, namun tetap saja si peretas bisa berbuat lebih jauh dengan data yang sudah didapatnya. Oleh karena itu, Soetam menyarankan bagi pembeli atau penjual yang masih memiliki saldo, lebih baik juga langsung masukan atau kembalikan ke rekening bankmu.

Sejauh ini Tokopedia memang telah memastikan tidak ada kebocoran data pembayaran. Kepastian itu disampaikan VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak. Dia mengatakan, Tokopedia memastikan tidak ada kebocoan data pembayaran. "Seluruh transaksi dengan semua metode pembayaran, termasuk informasi kartu debit, kartu kredit dan OVO, di Tokopedia tetap terjaga keamanannya," ujar Nuraini Razak seperti dalam rilis yang diterima mainmain.id (Baca juga: Tokopedia Pastikan Tak Ada Kebocoran Data Pembayaran).

 

3. Backup Foto Dagangan, Screenshot Ratingmu

Ini penting jika kalian sebagai seorang seller dan tidak punya backup data. Atau kalian cuma seller di Toped tanpa punya website jualan tersendiri. Coba backup data, terutama foto-foto daganganmu. Kalau rating jualanmu bagus, perlu juga kalian screenshot. Agar jika terjadi sesuatu lebih jauh kalian pernah punya bukti reputasimu sebagia penjual yang baik di Tokopedia.(*)

Btw, kalau kalian lagi cari kebutuhan barang-barang olahraga, tapi gak bisa keluar rumah, belanja aja di DBL Store. Ada program program gratis ongkir #dirumahaja. Selengkapnya klik banner di bawah ini:

Artikel Terkait
Tech
15 Juta Data Pengguna Tokopedia Diretas, Segera Ganti Password!

Tech
Data Tokopedia yang Diretas Dijual di Dark Web, Apa yang Bisa Disalahgunakan?

Tech
Tokopedia Pastikan Tak Ada Kebocoran Data Pembayaran