Korea

Ngobrol Soal Project, Suga dan RM BTS Update Rencana Rilis Mixtape Baru

Delima Pangaribuan

Posted on May 3rd 2020

Lagi rajin-rajinnya stay connected sama ARMY, Suga nge-live lagi lewat program radio bikinannya DJ Suga's Honey FM 06.13 di V Live. Kali ini dia mengundang RM buat jadi bintang tamu dan mereka ngobrolin soal project terbaru Suga. Selain kolaborasinya sama IU, ternyata mereka juga "bocorin" soal mixtape kedua Suga alias Agust D.
 
Suga sebelumnya pernah merilis mixtape solo di Soundcloud 2016 lalu. Dengan judul Agust D, sesuai nama aliasnya sebagai rapper. Album mixtape-nya yang menunjukkan sisi pribadi Suga di luar identitas personil BTS ini dapat sambutan luar biasa dari fans. Nggak heran kalau ARMY, terutama Suga stan, menanti-nantikan kapan "adik"-nya mixtape ini bakal rilis.
 
Lewat live radio kali ini, Suga mengungkap kalau sebenarnya mixtape keduanya mau dirlis September 2019 lalu. Tapi akhirnya perilisan mixtape ini ditunda karena Suga ngerasa belum sreg. Dia belum puas sama musik yang dihasilkan di mixtape ini dan mutusin buat ngasih jeda waktu lebih lama lagi sembari mematangkan konsepnya.
 
"Yang kedua bakal keluar kalau emang udah benar-benar selesai. Aku lagi mengerjakannya sekarang. Kalau ngomong soal proses di balik layar, harusnya sih mixtape ini keluar September kemarin. Tapi waktu aku dengerin lagi, aku nggak puas. Aku tarik lagi dan sekarang aku bener-bener kerjain dengan serius," ujar Suga.
 
RM yang jadi bintang tamu nambahin kalau dia sebenarnya excited banget sama mixtape itu. Tapi dia menghargai alasan kenapa mixtape kedua ini akhirnya diundur dulu rilisnya. "Mixtape itu ditunda karena berbagai alasan, termasuk faktor eksternal dan internal pribadi Suga. Kalau dari persepktif hasilnya sih, aku mengharapkan bakal lebih mendekati sempurna nanti," katanya.
 
Suga juga menegaskan kalau fans jangan buru-buru kepengen mixtape-nya segera keluar. Daripada itu, mending bener-bener kasih waktu buat mixtape ini berproses supaya hasilnya nanti makin maksimal. "Aku bisa bilang ini nggak akan segera dirilis. Dia nggak akan dirilis hari ini juga. Kalau kalian mau menunggu dengan sabar, aku bakal ngasih musik yang terbaik," lanjut pemilik nama asli Min Yoongi ini.
 
Mereka juga ngomongin soal project Suga yang paling dekat yakni kolaborasi bareng IU. Tanggal 6 Mei nanti, IU bakal merilis single digital berjudul Eight yang dibikin bareng Suga. RM bilang kalau pas pertama kali dia dengar hasilnya, rasanya cocok banget jadi musik buat nemenin kita nyetir.
 
"Iya, aku udah dengerin dan bagus banget! Aku memang nggak punya SIM, tapi begitu dengar lagu itu, aku pikir pas banget buat nyetir mobil. Menurutku orang-orang bakal mendengarkannya dalam waktu lama," tutur RM.
 
Soal kolaborasi itu, Suga mengaku kalau dia enjoy banget ngejalanin prosesnya. Bahkan nggak terlalu banyak kendala dan musiknya bisa selesai dengan cepat. Setelah selesai, Suga mutusin buat nggak terlalu sering mendengarkan lagu itu. 
 
"Setelah nyelesaiin lagu dan dirilis, biasanya aku nggak terlalu sering mendengarkannya lagi. Karena aku cenderung mendengarkan sesuatu yang aku harap bisa perbaiki lebih baik lagi. Begitu lagunya rilis dan lepas dari aku, lagu itu sudah jadi punya pendengar," katanya. 
 
Di akhir live, Suga dan RM janji bakal sering-sering muncul seperti ini buat berkomunikasi sama ARMY. Karena menurut mereka menyenangkan juga kalau bisa membagikan berbagai hal kepada fans dan jadi healing tersendiri buat member. (*)
 
Artikel Terkait
Korea
5 Fakta Di Balik Kolaborasi IU dan Suga BTS di "Eight"

Korea
Masuk ke Dunia Mimpi IU di MV "Eight"

Korea
Fans Antusias Nantikan Comeback Agust D Setelah Big Hit Rilis Teaser H-2