Tech

Ini Deretan Aplikasi Paling Banyak Diunduh di PlayStore Selama Pandemi

Trennya naik turun dan dinamis banget

Delima Pangaribuan

Posted on May 3rd 2020

(Tech Crunch)
 
Pandemi ternyata ikut mengubah tren penggunaan aplikasi smartphone, khususnya Android. Yup, jelas banget ada sejumlah apps yang naik popularitasnya dan menggeser aplikasi-aplikasi populer yang sebelumnya merajai "chart" aplikasi di PlayStore. Tren ini terlihat dari analisa yang dilakukan Android Police. 
 
Dan ternyata, tren selama pandemi yang sudah berlangsung lebih dari satu bulan ini nggak lantas membuat satu aplikasi terus berada di atas. Alias dinamis banget. Yang awal-awal pandemi paling banyak dipakai ternyata bisa tergeser jauh dua pekan terakhir. Analisis ini juga secara nggak langsung memperlihatkan perilaku konsumen selama pandemi yang berubah-ubah.
 
Android Police secara rutin mengumpulkan data setiap tanggal 27 dalam satu bulan. Pada 27 April kemarin, Zoom masih merajai chart aplikasi karena merupakan apps yang paling banyak di-download di seluruh dunia. Posisi Zoom berada di peringkat satu sejak Maret dan belum turun-turun juga sampai sekarang.
 
Menurut analisis, hal ini karena kebutuhan penggunaan video call untuk pertemuan makin tinggi. Awalnya mungkin cuma untuk meeting 
darurat di masa-masa awal pembatasan sosial dan physical distancing. Sekarang semua-semua dilakukan lewat Zoom. Mulai dari rapat, diskusi, sampai webinar.
 
Bahkan kegiatan belajar mengajar yang awalnya banyak dilakukan lewat Google Classroom pun beralih ke Zoom. Ini menyebabkan posisi Google Classroom yang sebelumnya di peringkat 5 pada bulan Maret jadi turun ke peringkat 34 pada April. Rapat yang awalnya banyak dilakukan lewat Microsoft Team juga bergeser ke aplikasi video call ini. Akibatnya peringkat Microsoft Team bergeser dari 9 ke 29.
 
Itu tadi buat aplikasi yang nggak berbayar. Android Police juga bikin list sendiri untuk aplikasi berbayar. April ini, aplikasi DroidCamX Wireless Webcam Pro jadi yang paling banyak diunduh. Menariknya, ada aplikasi yang harusnya nggak banyak digunain karena physical distancing malah meningkat jumlah download-nya. Seperti Navigation Pro Google Maps yang biasa digunakan pas bepergian naik mobil.
 
Kemudian aplikasi Skyview Explore The Universe dan CE5 Contact menunjukkan banyak juga orang yang mencoba "mencari" tempat lain di luar Bumi, yang barangkali bebas virus. Aplikasi yang mengalami penurunan sangat drastis adalah XtraMath, yang sebelumnya ada di peringkat 1 jadi merosot ke 72.
 
Secara global, Android Police melihat tren aplikasi paling besar di apps yang berhubungan sama delivery makanan dan berita. Beberapa apps internasional seperti Shop, Grubhub, Mercari, dan Wayfair meroket drastis. Shop, contohnya, naik dari peringkat 43 ke peringkat 14 aplikasi paling banyak di-download untuk urusan belanja. 
 
Kebutuhan hiburan mainstream juga tampaknya kembali menggeliat. YouTube dan Spotify sebelumnya sempat turun banget di bawah peringkat 50. Sekarang jumlah download-nya agak naik lagi dan membuat keduanya masuk ke peringkat 50 besar lagi. Bahkan, aplikasi radio streaming SiriusXM yang tadinya nggak ada di 100 besar, sekarang malah melesat ke peringkat 13 di PlayStore.
 
Kalau kalian udah download aplikasi apa aja selama pandemi ini? (*)
 
Lagi pegang smartphone kan? Buruan ikutan flash sale DBL Store, klik link banner di bawah ini:
Artikel Terkait
Tech
Biar WhatsApp-an Makin Asyik, Cobain 10 Aplikasi Ini

Tech
Update Terbaru Google Maps Berikan Detil dan Warna Ekstra pada Peta Alam

Tech
Facebook Gandeng Saingannya, Zoom, untuk Facebook Portal