Interest

Dokter Gizi WHO Sarankan 4 Hal Ini Agar Puasa Lebih Optimal

Dwiwa

Posted on May 2nd 2020

Puasa memang telah diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, ditengah pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) saat ini ibadah wajib bagi umat Islam ini juga tetap bermanfaat lho.

Dikutip dari Khaleej Time, baru-baru ini sebuah webinar yang dimoderatori oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyoroti manfaat puasa  selama pandemi. Dalam webinar yang diselenggarakan oleh Departemen Promosi Kesehatan di Sharjah Uni Emirat Arab ini, dibahas pula tentang cara menjaga kesehatan dan memilih makanan selama bulan Ramadan.

Penasihat Gizi Regional WHO, dokter Ayoub Al Jawaldeh mengatakan jika puasa dapat membantu orang untuk membuang racun, menurunkan kadar gula darah, dan memecah timbunan lemak. Puasa juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. “Ini membantu meregenerasi sel imun dan menurunkan risiko terinfeksi virus dan penyakit imun,” ujarnya.

Tapi, untuk bisa mendapatkan manfaat dari puasa ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Nah, berikut empat cara yang bisa dilakukan untuk membuat puasa bisa lebih bermanfaat untuk kesehatan.

1. Perbanyak Makanan Segar

Dokter Ayoub menyarankan kepada orang-orang yang berpuasa untuk lebih banyak mengonsumsi makanan segar. Hindari makanan yang digoreng dan segala sesuatu yang mengandung garam dan bumbu yang banyak karena akan menyebabkan kehausan.

2. Jaga Asupan Cairan

WHO menyebut jika orang puasa harus mengonsumsi 8-12 gelas air (kurang lebih 2 liter) antara sahur dan berbuka. Air ini akan membantu membersihkan sistem pencernaan, ginjal, usus dan dapat membuang racun di dalam tubuh.

3. Tetap Berolahraga

Walaupun puasa, tidak berarti jika olahraga juga dihentikan lho guys. Bahkan menurut dokter Ayoub, olahraga ini perlu dilakukan setiap hari. Tapi tentu saja jenis olahraga yang dipilih jangan terlalu berat. Selain itu, konsumsilah sayur, buah, biji-bijian dan kacang-kacangan berprotein tinggi untuk mendukung aktivitas ini. Hindari pula lemak jenuh dan lemak trans.

4. Hindari Jus Kemasan

Menurut diskusi dalam webinar, mengonsumsi jus kemasan dan minuman bersoda saat sahur dan berbuka justru berdampak buruk pada tubuh. Minuman kemasan tersebut memiliki kadar gula sangat tinggi yang justru akan meningkatkan risiko obesitas dan diabetes.(*)

Artikel Terkait
Interest
7 Buah Anti-Dehidrasi ini Baik Dikonsumsi Saat Puasa!

Interest
Ramadan 2020: Wajib Ibadah di Rumah hingga Manasik Haji Online

Interest
Kulit Wajah Kering Saat Puasa? Ini 5 Cara Mengatasinya!