Current Issues

Setelah Kota Wuhan, Provinsi Hubei Kini Mulai Longgarkan Aturan Lockdown

Dwiwa

Posted on May 2nd 2020

Kabar gembira datang dari Provinsi Hubei di Tiongkok. Setelah berbulan-bulan berjuang melawan pandemi, akhirnya provinsi yang pertama kali menjadi pusat penyebaran pandemi Covid-19 itu mulai melonggarkan aturan lockdown yang selama ini dilakukan untuk memutus rantai penularan.

Pelonggaran aturan lockdown itu akan mulai dilaksanakan pada hari ini (2/5). Dilansir dari Reuters, komisi kesehatan setempat melalui unggahan di akun WeChat menulis jika Hubei akan menurunkan level lockdown dari tertinggi menjadi tertinggi kedua.

Sebagai tonggak utama dalam melawan pandemi, Hubei menjadi provinsi terakhir yang menurunkan level tanggap darurat. Apalagi, dipercayai jika Virus SARS-Cov-2 penyebab Covid-19 berasal dari pasar basah di Wuhan --ibukota Hubei-- pada Desember 2019.

Menurut kantor berita Xinhua, Wakil Gubernur Hubei Yang Yunyan mengatakan jika Hubei akan menyesuaikan beberapa langkah pencegahan dan pengendalian seiring dengan adanya pelonggaran tersebut. Tidak disebutkan secara rinci penyesuaian apa yang akan dilakukan.

Beijing pada hari Kamis lalu juga sudah lebih dulu melakukan pelonggaran pada aturan lockdown. Pelonggaran ini berarti penghapusan aturan karantina 14 hari untuk orang yang datang dari negara berisiko rendah, membebaskan orang-orang yang berada dalam karantina, dan mengakhiri persyaratan untuk mengenakan masker di luar rumah.

Pada 26 April, seorang pejabat kesehatan menyatakan jika Wuhan telah bebas dari kasus corona di rumah sakitnya. Hal ini menyusul adanya penutupan kota dan provinsi, termasuk menutup semua akses keluar masuk sehingga orang tidak bisa bebas bergerak selama lebih dari dua bulan.

Hingga tanggal 30 April, provinsi ini mencatat sudah 27 hari berturut-turut tidak menemukan adanya kasus baru. Di Tiongkok sendiri, Komisi Kesehatan Nasional mengumumkan jika pada hari Jumat telah ditemukan 12 kasus baru pada hari sebelumnya. Empat diantaranya merupakan kasus transmisi lokal. Nah, kebijakan lockdown ada manfaatnya kan guys? Makanya kalau daerahmu menerpakan aturan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB kalian patuhi ya.(*) 

Related Articles
Current Issues
Siswa di Wuhan, Kota Pertama Ditemukannya Covid-19, Kembali Sekolah

Current Issues
Tak Hanya Paru-Paru, Penelitian Ini Sebut Covid-19 Bisa Merusak Organ Lain

Current Issues
Lockdown Dibuka, di Wuhan Ada Kasus Baru, di Jerman Penderita Meningkat