Sport

Liga Belanda dan Perancis Dihentikan, La Liga Optimis Lanjutkan Musim 2019/2020

Dwiwa

Posted on May 1st 2020

Di tengah pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19) yang semakin meluas, berbagai pertandingan olahraga bergengsi terpaksa harus ditunda atau bahkan dibatalkan. Liga utama Belanda dan Perancis salah satunya. Mereka sudah memastikan jika pertandingan musim 2019/2020 tidak lagi bisa dilanjutkan.

Namun langkah berbeda dilakukan oleh Spanyol. Meski sempat tertunda karena pandemi Covid-19, Liga Spanyol musim 2019/2020 sepertinya akan tetap berlanjut. Hal ini menyusul keputusan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez yang mulai melonggarkan aturan lockdown seiring jumlah kasus yang menurun.

Keputusan itu juga membuat masyarakat diperbolehkan melakukan olahraga di luar rumah mulai akhir minggu ini. Sementara untuk para atlet profesional, mulai diperbolehkan untuk melakukan latihan individu pada Senin minggu depan.

Sebagai tahap awal, klub-klub yang berlaga di La Liga akan mulai melakukan pengujian Covid-19 kepada para pemainnya pada minggu depan. “Mengenai tes deteksi Covid-19, dewan memberitahu jika para petugas medis dari klub profesional dapat melakukannya,” jelas Supreme Sports Counsil (CSD).

La Liga awalnya berharap mulai bisa melakukan tes di minggu ini, tetapi terpaksa menunda karena belum ada keputusan resmi dari otoritas kesehatan. Mereka pun merasa optimis jika pertandingan dapat kembali dimulai pada Juni 2020 mendatang.

Sesuai dengan peraturan dari pemerintah, setidaknya ada empat fase yang harus dilewati untuk bisa kembali menjalankan pertandingan. Tahap pertama, para pemain harus mengikuti tes Covid-19 dan RT-PCR dan serologi sebelum mulai berlatih.

Setelah hasil diketahui,  para pemain akan mulai dengan berlatih secara mandiri. Kemudian latihan akan berkembang menjadi kelompok kecil dengan jumlah maksimal delapan orang. Baru setelah itu bisa berlatih dengan satu tim penuh.

Kementerian Kesehatan akan melakukan evaluasi setiap dua minggu untuk menentukan kapan fase-fase tersebut dapat dilakukan. La Liga sendiri masih belum membeberkan bagaimana protokol yang akan dilakukan jika pertandingan Liga Spanyol akan kembali dijalankan. Namun ESPN melaporkan jika La Liga telah diperingatkan akan melanjutkan pertandingan tanpa kehadiran fans hingga Januari 2021.(*)

Related Articles
Interest
Lionel Messi Hingga Christiano Ronaldo Kirim Donasi Untuk Lawan Corona

Sport
Lima Liga Top Eropa Siap Bergulir Kembali

Sport
Klub La Liga Mulai Berlatih, Kompetisi Disiapkan Lanjut Lagi 12 Juni 2020