Entertainment

Daftar Tayang Terbaru Film Marvel Phase 4 yang Tertunda Karena Covid-19

Ahmad Redho Nugraha

Posted on April 30th 2020

Thanos memang punya infinity gauntlet yang bisa melenyapkan separo isi dunia. Namun, tetap saja dia bisa dikalahkan Thor dan kawan-kawan. Nah yang sekarang sulit dilawan The Avengers dan Marvel Cinematic Universe (MCU) adalah Covid-19.

Selain menewaskan ratusan ribu orang, penyakit yang belum diketahui obatnya ini membuat kehidupan seakan terhenti. Termasuk proses shooting dan penayangan seluruh film terbaru Marvel, baik yang dibesut langsung oleh Marvel Studios maupun oleh Sony Pictures.

Bukan hanya film bioskop. Beberapa serial Marvel yang direncanakan akan tayang di Disney+ pun juga ditunda hingga 2022 mendatang. Tentu saja semua ini membuat timeline phase 4 Marvel menjadi molor.

Berikut adalah daftar film-film Marvel beserta jadwal tayang baru mereka di bioskop atau channel streaming :

 

 

1. BLACK WIDOW

Scarlett Johansson saat memerankan Black Widow (foto:inverse.com)

Jadwal tayang lama : May 1, 2020

Jadwal tayang baru : November 6, 2020

Waktu pending : 6 bulan 5 hari

Film stand-alone pertama Black Widow ini mengambil latar kejadian setelah film Captain America : Civil War 2016 lalu. Scarlett Johansson kembali memerankan Black Widow yang merupakan alter ego dari Natasha Romanov.

Karena bubarnya Avengers, Black Widow kembali berkumpul dengan teman-teman lamanya untuk bersama menghadapi musuh lama mereka, orang-orang di balik "Red Room", program mata-mata super Rusia yang dulu pernah melatihnya.

Film Black Widow telah selesai diproduksi sejak bulan lalu dan kini dalam masa pasca produksi. Film ini ditunda penayangannya ke tanggal 6 November, menggantikan film The Eternals yang harusnya tayang pada tanggal tersebut.


2. THE FALCON AND THE WINTER SOLDIER

Falcon (Anthony Mackie) dan Winter Soldier (Sebastian Stan) (foto:greenscene.co.id)

Jadwal tayang lama : August 2020

Jadwal tayang baru : belum diketahui

Waktu pending : belum diketahui

The Falcon and The Winter Soldier mengambil latar waktu setelah kejadian Avenger : End Game di tahun 2019. Saat itu Captain America yang diperankan Steve Roger memberikan perisai vibranium ikoniknya kepada Anthony Mackie, alias The Falcon.

Film yang akan tayang dalam format serial enam episode di channel streaming Disney+ tersebut adalah serial Marvel Studio pertama yang terdampak pandemi Covid-19.

Pada 10 Maret lalu, proses shooting yang dijadwalkan berlangsung di Praha terpaksa ditunda karena virus korona telah mewabah di Eropa. Seluruh kru produksi kembali ke Atlanta dan pada tanggal 14 Maret, proses produksi The Falcon and The Winter Soldier ditunda secara total.

Sebastian Stan, pemeran Winter Soldier, menyatakan bahwa shooting serial baru MCU tersebut hanya butuh waktu dua hingga tiga pekan lagi untuk selesai sebelum diberhentikan.

 


3. THE ETERNALS

Para pemeran The Eternals (foto:greenscene.co.id)

Jadwal Tayang Lama : 6 November 2020

Jadwal Tayang Baru : 12 Februari 2021

Waktu Pending : 3 bulan 6 hari

Sebuah ras alien super telah bersembunyi di antara umat manusia selama ribuan tahun.

Setelah hilangnya Avengers dan munculnya ancaman baru bagi planet bumi, kini mereka yang dijuluki "Eternals" harus bersatu-padu untuk melindungi bumi dari kembaran genetik jahat mereka yang bernama "Deviants".

Film fiksi ilmiah ini diadaptasi dari komik karangan Jack Kirby dan telah selesai melewati proses produksi pada Februari lalu. The Eternals yang dijadwalkan tayang November 2020 mendatang terpaksa dimundurkan jadwal tayangnya karena pandemi Covid-19.


4. WANDAVISION

Elizabeth Olsen mengenakan kostum klasik Scarlet Witch (foto:inverse.com)

Jadwal Tayang Lama : Desember 2020

Jadwal Tayang Baru : Desember 2020

Waktu Pending : tidak ada

WandaVision direncanakan tayang dalam format serial enam episode di channel streaming Disney+. Elizabeth Olsen dan Paul Bettany kembali memerankan Wanda dan Vision.

Meski belum ada keterangan lengkap tentang plot ceritanya, beredar rumor bahwa cerita WandaVision akan berlangsung di dalam alam bawah sadar Vision yang dimasuki oleh Wanda.

Wanda berusaha menghidupkan kembali Vision yang gugur dalam pertarungan melawan Thanos di Avenger : Infinity War.

Serial ini telah mulai diproduksi hingga Disney menghentikan aktivitas produksi mereka secara total pada 14 Maret lalu. Belum diketahui sudah sejauh mana proses produksi serial ini, juga belum diketahui apakah jadwal tayangnya akan ditunda atau tidak.


5. MORBIUS

Jared Leto saat memerankan Morbius (foto:inverse.com)

Jadwal Tayang Lama : 10 Juli 2020

Jadwal Tayang Baru : 19 Maret 2021

Waktu Pending : 8 bulan 9 hari

Seorang ilmuwan adiluhung bernama Michael Morbius yang diperankan Jared Leto berusaha menciptakan obat yang dapat menyembuhkan penyakit darah yang dideritanya.

Namun formula yang diciptakannya tersebut justru memberinya kekuatan super dan efek samping yang membuatnya berperilaku seperti vampir. Film ini juga akan diperankan oleh Adria Arjona, Matt Smith, Jared Harris, Al Madrigal, dan Tyrese Gibson.

Michael Keaton yang dulunya memerankan sosok penjahat Vulture di film Spider-man : Homecoming juga akan dikabarkan muncul di film ini.

Meski dibesut Sony Picture, sehingga linimasa ceritanya berbeda dengan film-film MCU lainnya, namun trailer Morbius menunjukkan fakta mengejutkan. Yakni Spiderman disebut sebagai sosok pembunuh. Ini mungkin berkaitan dengan kejadian di film Spiderman : Far from Home tahun 2019 lalu.

Selain itu, kemunculan kembali Adrian Toomes, sosok alter ego dari penjahat Vulture, diduga akan merekrut Morbius untuk bergabung dengan Sinister Six, yaitu kelompok penjahat dalam cerita original Spiderman.

Film Morbius hampir selesai dan direncanakan akan tayang pada Juli 2020, sebelum pandemi Covid-19 terjadi. Mencegah hal yang tidak diinginkan, Sony menunda penayangan Morbius ke Maret tahun 2021.


6. SHANG CHI : AND THE LEGEND OF THE TEN RINGS

Simu Liu akan memerankan Shang Chi (foto:malaysiadailynews.com)

Jadwal Tayang Lama : 12 Februari 2021

Jadwal Tayang Baru : 7 Mei 2021

Waktu Pending : 2 bulan 25 hari

Shang Chi and The Legend of The Ten Rings akan menjadi debut superhero Asia pertama dari MCU.

Shang Chi yang diperankan oleh Simu Liu akan berhadapan dengan teroris kuno yang bernama Mandarin, diperankan oleh Tony Leung. Shang Chi akan dibantu oelh sekelompok agen rahasia Inggris dalam aksinya.

Proses produksi film yang disutradarai oleh Destin Daniel Cretton ini baru dimulai awal 2020 lalu di Australia, dan kini terpaksa berhenti. Shang Chi akan ditayangkan di Bulan Mei, yang juga dikenal sebagai Bulan Peringatan Kebudayaan Asia Pasifik - Amerika


7. DOCTOR STRANGE AND THE MULTIVERSE OF MADNESS

Doctor Strange and The Multiverse of Madness (foto:unionjournalism.com)

Jadwal Tayang Lama : 7 Mei 2021, lalu 5 November 2021

Jadwal Tayang Baru : 25 Maret 2022

Waktu Pending : 4 bulan 20 hari

Film Doctor Strange and The Multiverse of Madness merupakan film stand-alone kedua dari karakter Dr. Strange yang diperankan aktor Inggris, Bennedict Cumberbatch.

Hingga kini belum ada bocoran soal plot cerita film kedua Doctor Strange ini, kecuali tentang pengenalan konsep multiverse dalam semesta Marvel. Meski ada rumor bahwa cerita Dr. Strange akan berhubungan dengan WandaVision, hingga kini belum ada konfirmasi dari pihak produksi maupun para aktornya.

Film yang awalnya disutradari oleh Scott Derrickson ini kini diambil alih pengerjaannya oleh Sam Raimi, sutradari film trilogi Spiderman, sesuai dengan konfirmasinya April lalu.


8. LOKI

Tom Hiddleston saat memerankan Loki (foto:inverse.com)

Jadwal Tayang Lama : Awal 2021

Jadwal Tayang Baru : Awal 2021

Waktu Pending : tidak ada

Karena obsesinya terhadap Tesseract, Loki akan berusaha melompati ruang dan waktu sekalipun untuk mendapatkannya, meksi itu berarti dia akan mengacaukan tatanan multiverse di semesta Marvel.

Karakter adik angkat Thor ini akan kembali diperankan oleh Tom Hiddleston dalam serial enam episode di channel streaming Disney+. Serial ini juga akan diperankan oleh Owen Wilson, Gugu Mbatha-Raw, dan Sophia Di Martino sebagai bagian dari Time Variance Authority, kelompok polisi lintas waktu yang berurusan dengan Loki.

Berbarengan dengan The Falcon and the Winter Soldier dan WandaVision, Loki produksi film Loki juga ditunda sejak 14 Maret lalu. Belum diketahui apakah jadwal tayangnya juga akan diundur, namun kemungkinan serial ini akan tetap tayang di tahun 2021 mendatang.

 


9. VENOM: LET THERE BE CARNAGE

Venom (foto:inverse.com)

Jadwal Tayang Lama : 2 Oktober 2020

Jadwal Tayang Baru : 25 Juni 2021

Waktu Pending : 8 bulan 23 hari

Cerita film ini akan meneruskan adegan mid-credit dari film Venom sebelumnya. Yakni Eddie Brock (Tom Hardy) tampak mewawancarai Cletus Kasady (Woody Harrelson) yang merupakan karakter pembunuh berantai.

Di cerita komiknya, Cletus Casady merupakan inang dari symbiote lain yang bernama Carnage. Film ini juga akan mengenalkan karakter Shriek yang diperankan oleh Naomie Harris. Belum diketahui apakah film Marvel produksi Sony Picture ini akan memiliki hubungan dengan plot utama MCU, namun diduga Venom akan memiliki keterkaitan dengan plot Morbius.

Venom : Let There Be Carnage disutradarai oleh Andy Serkis, aktor sekaligus ahli efek visual yang terkenal lewat perannya sebagai Gollum dalam Trilogi The Lord of The Ring. Serkis juga tercatat pernah memerankan Ulysses Klawe, sosok penjahat sampingan dalam film Avengers : Age of Ultron dan Black Panther.

 


10. SPIDER-MAN 3

Tom Holland sebagai Spiderman (foto:inverse.com)

Jadwal Tayang Lama : 16 Juli 2021

Jadwal Tayang Baru : 5 November 2021

Waktu Pending : 3 bulan 20 hari

Belum ada bocoran apapun mengenai plot film ketiga Spiderman MCU ini. Bahkan judulnya pun belum diketahui. Namun yang jelas, film ini akan berupa lanjutan dari kejadian di film sebelumnya, Spider-man : Far from Home. 

Dalam film tersebut, identitas Peter Parker sebagai Spiderman diketahui oleh publik. Rumor mengatakan bahwa film ini akan melibatkan karakter penjahat Kraven The Hunter dan superhero Daredevil yang pernah diperankan Charlie Cox dalam serial Netflix, Daredevil dan The Defenders.


11. THOR: LOVE AND THUNDER

Tessa Thompson (Valkyrie) dan Chris Hemsworth (Thor) (foto:inverse.com)

Jadwal Tayang Lama : 5 November 2021

Jadwal Tayang Baru : 11 Februari 2022

Waktu pending : 3 bulan 6 hari

Film keempat yang menceritakan karakter superhero Thor ini akan kembali disutradarai oleh Taika Waititi. Ini mungkin akan menjadi film terakhir Chris Hemsworth sebagai Thor, karena pada film keempatnya ini, Thor akan mewariskan palu Mjolnir-nya kepada Jane Foster, mantan kekasih Thor yang kembali muncul.

Tessa Thompson juga akan kembali memerankan Valkyrie.

Taika Waititi mengatakan bahwa penundaan tayang film ini karena pandemi membuatnya punya waktu lebih leluasa untuk menyempurnakan naskah filmnya. 


Related Articles
Entertainment
Sam Raimi Bakal Sutradarai Doctor Strange 2. Akankah Tobey Maguire Ikutan?

Entertainment
[REVIEW] Thanos Jadi Idola, Ada Apa dengan Avengers?

Entertainment
4 Alasan Kenapa Kamu Harus Nonton Spider-Man: Into the Spider-Verse!