Tech

Google Meet Kini Gratis, Apa Kelebihannya Dibanding Zoom?

Delya Oktovie Apsari

Posted on April 30th 2020

Google Meet (BGR)

 

Layanan Google Meet sekarang digratiskan untuk siapa saja! Google mengatakan, semua orang yang punya akun Google bisa mengadakan pertemuan via video call untuk 100 orang.

Dilansir dari The Verge, waktu yang digunakan sepanjang video call  saat ini bisa cukup lama, sesuai keinginan para penggunanya. Namun, pada 30 September, Google berencana memperpendek waktu video call selama 60 menit.

Sementara itu, sekarang penyedia layanan tatap muka yang paling banyak digunakan adalah Zoom, karena ia mampu menampung video call dengan banyak pengguna sekaligus dan cenderung mudah pengoperasiannya. Bisa dibilang, Google Meet merupakan ancaman bagi Zoom yang sedang laris-manis di tengah pandemi ini.

 

Apa kelebihan Google Meet dibandingkan dengan Zoom?

1. Persyaratan masuk meeting lebih sulit
Ketika mengadakan meeting lewat Zoom, host hanya perlu membagi link kepada para anggotanya dan mereka sudah bisa bergabung hanya dengan mengklik link tersebut.

Persyaratan masuk meeting Google Meet cenderung lebih sulit. Untuk bergabung dalam sebuah meeting, pengguna harus log in ke akun mereka terlebih dahulu.

Tujuannya, adalah supaya meeting dapat dikontrol oleh host, dan menghindari kemungkinan Zoombombing. Zoombombing adalah ketika hacker menerobos masuk ke dalam meeting yang sedang dijalankan di Zoom. Dengan persayaratan ini, diharapkan Google Meet aman dari keusilan semacam itu.

 

2. Butuh izin untuk bergabung
Host bisa mengundang peserta Google Meet melalui undangan kalender. Bila ada orang yang tidak ditambahkan di undangan kalender ingin mengikuti meeting, secara otomatis mereka akan dimasukkan ke 'ruang hijau'. Mereka hanya bisa masuk 'ruang meeting' bila disetujui oleh host.

Bedanya dengan Zoom, ketika melakukan meeting melalui Zoom, orang yang sudah memiliki akun biasanya tidak membutuhkan ini bila ingin bergabung dalam sebuah meeting. Cukup dengan mengklik link meeting saja, siapapun bisa langsung mengikuti meeting. Hal ini tentu membahayakan kerahasiaan meeting maupun identitas para pengguna Zoom.

 

3. Sediakan mode tampilan galeri
Zoom berhasil mempopulerkan video call ramai-ramai yang wajah penggunanya ditampilkan dalam satu layar. Nah, Google Meet juga bisa melakukan ini. Mode tampilan galeri tersebut tersedia di ponsel maupun desktop.

 

 

4. Sudah terintegrasi dengan Gmail
Para pemilik akun Gmail bisa langsung menggunakan Google Meet, baik pengguna G Suite maupun penggula reguler. Pengguna G Suite juga memiliki akses gratis Google Meet hingga 30 September. (*)

Artikel Terkait
Tech
Cegah “Zoombombing”, Google Meet Pasang Fitur Keamanan Kelas Online

Tech
Rapat di Google Meet Kini Bisa Sambil Presentasi Materi, Lho!

Current Issues
Google Larang Karyawannya Pakai Zoom