Tech

Bingung Merekam WhatsApp Call di iOS dan Android? Coba Cara Ini

Delima Pangaribuan

Posted on April 30th 2020

(Mobile Monday BelFast)
 
Telepon lewat WhatsApp Call itu ada plus-minusnya. Plusnya, kita nggak perlu keluarin pulsa mahal-mahal dan cukup bergantung sama koneksi internet aja. Di tempat yang koneksinya bagus, ini nilai plus. Tapi jadi minus kalau koneksi internet lagi nggak bagus dan bikin suaranya jadi putus-putus.
 
Nilai minus lainnya adalah, kita nggak bisa merekam pembicaraan lewat telepon WhatsApp secara otomatis. Padahal kadang ada yang memang perlu kita rekam terutama informasi-informasi penting supaya nggak lupa. 
 
Well, selalu ada jalan kalau ada kemauan. Mainmain punya solusi buat kalian yang butuh ngerekam pembicaraan WhatsApp Call, baik untuk Android maupun iOS, mengutip dari Digital Trends. Dengan catatan, ngerekam telepon WA di iOS agak lebih rumit dibandingkan Android.
 
Kita bahas buat Android dulu. WhatsApp memang nggak dilengkapi perekam otomatis di dalam aplikasinya. Jadi, opsi pertama adalah memanfaatkan aplikasi recording yang sudah ada di HP. Android umumnya didesain untuk bisa ngebuka dua atau bahkan tiga aplikasi sekaligus dalam satu waktu. 
 
Nah, ketika mulai nelepon lewat WhatsApp, buka juga aplikasi recording bawaan dari HP. Atau kalau aplikasi bawaannya kurang bagus, install aplikasi recording lain yang lebih jernih seperti Google's Recorder App. Atur WhatsApp Call ke mode loud speaker dan kemudian tekan tombol rekam di aplikasi recording tadi. Pastikan posisi dirimu juga dekat sama microphone biar suaramu ikut terekam.
 
Kalau dirasa cara itu agak merepotkan dan bikin kamu malu (karena obrolan kalian bisa didengar orang lain), pakai cara berikutnya. Opsi kedua, gunakan aplikasi yang memang khusus dibuat untuk merekam WhatsApp Call. Salah satu yang recommended banget adalah Cube Call Recorder buat Android. 
 
Aplikasi Cube Call ini bisa otomatis merekam semua telepon masuk atau keluar dari berbagai aplikasi, termasuk WhatsApp. Bahkan dia dilengkapi fitur "shake to mark" alias cukup goyangin HP buat menandai bagian percakapan yang penting buat dicek ulang di rekamannya nanti. Cube Call bakal selalu aktif, tapi kalau kalian lagi nggak ingin merekam apa pun, aplikasi ini punya "Silent Mode" dan bisa disembunyikan.
 
Sekarang kita beralih ke iOS yang lebih pe-er. Perangkat iPhone nggak didesain bisa membuka beberapa aplikasi dalam satu waktu. Jadi apa yang bisa kita lakuin di Android tadi nggak akan berhasil di iPhone. Aplikasi telepon di iPhone sendiri sudah dilengkapi sama recorder otomatis. Selama telepon dan microphone aktif, kita nggak bisa ngebuka aplikasi lain.
 
(Digital Trends)
 
Opsi pertama yang paling mudah adalah andalkan device kedua. Kalau kamu punya dua HP, gunain HP satunya buat ngerekam pembicaraan WhatsApp Call. Pastikan posisi speaker iPhone dekat sama device kedua, ya. 
 
Opsi kedua masih menggunakan device eksternal tapi lebih advance. Jadi, ada device khusus buat ngerekam percakapan telepon yang bisa kita colokin ke USB smartphone kita. Pastikan aja device itu bisa dicolokin ke iPhone jack. Ini juga bisa diterapkan ke Android.
 
Pilihan terbaiknya adalah Olympus TP-8 Microphone dan RecorderGear PR200. Begitu device-nya terpasang di HP, semua obrolan yang kita lakuin di HP itu bakal terekam. Kalau udah selesai, pindahin datanya ke laptop atau ke penyimpanan internal HP dan voila! Bisa kita dengerin ulang. 
 
Catatan tambahan, aktivitas merekam audio selama menelepon nggak selalu legal. Ada negara yang menganggapnya melanggar hukum kalau nggak atas persetujuan kedua belah pihak. Jadi, pastikan sebelum mulai merekam, kamu tanya lawan bicaramu apa mereka nggak keberatan suaranya direkam. (*) 
Artikel Terkait
Tech
WhatsApp Bakal Sembunyikan “Last Seen” Dari Orang Asing Secara Default

Tech
WhatsApp Coba Fitur Baru: Pengguna Bisa Tambah Kontak Cukup Lewat QR Code

Tech
Facebook Luncurkan CatchUp, Aplikasi Khusus Untuk Telepon