Interest

Suka Dunia IT? Ini 7 Kursus Online Gratis Buat Kalian

Mainmain.id

Posted on April 29th 2020

 

 

Banyak sekali kegiatan yang dapat digunakan untuk mengisi waktu luang dikala pandemi Corona yang masih berlanjut. Sudah dua bulan para pelajar ataupun mahasiswa juga terpaksa menahan diri untuk mencari ilmu melalui pendidikan formal baik di sekolah maupun di kampus. Kegiatanpun di switch menjadi online base.

Hentikan sejenak kegiatan yang tak berguna. Karena baru-baru ini beberapa Universitas ternama yang ada di dunia, seperti Harvard University, Columbia University dan lainya menawarkan kursus secara "gratis" dan dilakukan secara online. Tentunya jangan sampai terlewat kesempatan langka ini untuk memperdalam skill atau hanya sekedar mempelajari hal baru.

Nah, berikut ini adalah daftar online course di dunia Information and technology buat kalian yang doyan ngoding ataupun pemula yang ingin mempelajari IT lebih dalam.

 

1. CS50's Computer Science for Business Professionals oleh Harvad University

Kursus ini sejatinya dirancang untuk orang-orang ditingkat manajerial atau pengambil keputusan atau mereka yang merupakan pendiri organisasi. Topik yang yang dibahas dalam kursus meliputi: computational thinking, bahasa pemrograman, teknologi internet, pengembangan web, technology stacks dan cloud computing. Dengan durasi 6 Minggu, akan ada beberapa hal yang bisa kita pelajari.

Jika tertarik Klik di sini

 

2. HI FIVE: Health informatics fot innovation, Value and Enrichment (Administrative/ Perspective) oleh Columbia University

Kursus ini dirancang untuk orang yang bekerja dibidang administrasi, bisnis, keuangan, operasi, data dan TI. Kursus ini tidak memerlukan perangkat lunak atau keras yang bagus, karena berbasis peran. Dan kursus berdurasi 4 minggu.

 

Jika tertarik Klik di sini

 

3. CS50's introduction to Artifical Intellegence with Python oleh Harvard University

Kursus ini akan memberikan wawasan tentang semua aspek yang terkait dengan Kecerdasan Buatan (AI). Kursus ini bertujuan untuk mengajarkan model Markov, jaringan Bayesian, teori probabilitas, gangguan logis, algoritma pencarian grafik dan banyak lagi. Dan kursus ini berdurasi 7 minggu.

 

Jika tertarik Klik di sini

 

4. CS50's Understanding Technology oleh Harvard University

Jika kalian mengangap kalian masih baru dalam mengunakan teknologi atau biasa mengunakan istilah gagap teknologi, maka kursus ini cocok buat kalian. Kursus ini mencakup kelas tentang perangkat keras, internet, multimedia, pemrograman, dan penhembangan web. Dan kursus ini berdurasi 6 Minggu.

 

Jika tertarik Klik di sini

 

5. Computer Science: Programing with a Purpose oleh Princeton University

Melihat perubahan sistem pendidikan sekarang ini yang sudah mulai mengunakan teknologi komputer, menjadi lebih penting untuk sekarang ini bagi siswa untuk segala bidang, mempelajari pemrograman komputer. Kursus ini bertujuan untuk mengajarkan keterampilan dasar dan komponen pemrograman seperti variabel, kondisional, loop, aray dan I/O. Kursus ini berdurasi 10 Minggu.

 

Jika tertarik Klik di sini

 

6. Analysis of Algorithms oleh Princeton University

Kursus ini memcangkup segala sesuatu mulai dari struktur dasar seperti permutasi, rantai, string, kata-kata dan pemetaan untuk memahami struktur yang lebih kompleks dan konteks historis kinerja algoritma. Selain itu, kursus ini juga mencangkup fungsi hasil dan asimtotik nyata dan kombinatorik analitik. Kursus ini berdurasi 9 minggu.

 

Jika tertarik Klik di sini

 

7. Computational Thingking for Problem Solving oleh Unibersity of Pennsylvania

Kursus ini bertujuan melatih kalian untuk memecahkan masalah kuantitatif dan yang berhubungan dengan data mengunakan pendekatan berfikir komputasi. Atau dalam istilah awamnya, mengatasi masalah dan menemukan solusi dengan cara yang dapat dipecahkan atau dijalankan komputer. Kursus ini belajar tentang pilar pemikiran komputasi, bagaimana para ahli mengembangkan dan menganalisis algoritma dan bagaimana mengunakan python untuk menemikan solusi pada komputer.

 

Jika tertarik Klik di sini

 

Jadi, bagaimana? kalian akan pilih topik yang mana? pastikan sesuai dengan minat kalian ya. Selamat belajar! (*)

Artikel Terkait
Interest
Sudah Lolos Seleksi Kartu Prakerja? Begini Cara Memakainya

Interest
Indosat, XL, Axis Berikan Kuota Gratis untuk Akses Aplikasi Ruangguru!

Interest
Harvard University Tawarkan 67 Kursus Online Gratis