Tech

AWAS! Aplikasi Mail Bawaan IPhone Rawan Diretas

Mainmain.id

Posted on April 29th 2020

Aplikasi Mail Bawaan IPhone (Foto: Apple)

 

 

Buat kalian pengguna setia ponsel IPhone, harus meningkatkan kewaspadaan terhadap beberapa aplikasi bawaan ponsel besutan Apple tersebut. Sebuah perusahaan penyedia jasa keamanan ZecOps, membeberkan bahwa aplikasi “Mail” sangatlah rentan terhadap retasan.

laporan tersebut juga telah dikonfirmasi oleh perusahaan yang dibentuk oleh Steve Jobs tersebut. Mereka menyebutkan bahwa “Mail” sangat mungkin untuk dibobol setelah berhasil mengendalikan akses atas kotak masuk pengguna.

ZecOps memulai penelitian serius mengenai masalah ini setelah mereka menemukan tanda berupa kode khusus yang tak dikenali dan mencurigakan yang berada di salah satu aplikasi Mail milik pengguna. Hal ini menjadi perhatian khusus karena pengguna IPhone yang mencapai 900 Juta perangkat yang aktif di seluruh penjuru dunia menurut data yang dirilis Apple.

Perusahaan berusia dua tahun dan memiliki kantor di San Francisco, menginstruksikan karyawan mereka untuk menghubungkan beberapa iPhone  ke komputer atau server yang mengunggah log data ke server pusat, di mana hal tersebut dimulai untuk menganalisa kecurigaan tersebut.

Namun, dalam sebuah pernyataan melalui email, juru bicara Apple Todd Wilder mengatakan kelemahan keamanan yang disebutkan ZecOps  tidak menimbulkan risiko langsung bagi pengguna dan pastinya akan segera diatasi dalam pembaruan perangkat lunak. Meski begitu dia tidak mengatakan kapan perbaikan akan dilakukan.

Menurutnya kerentanan dalam aplikasi Mail saja tidak akan cukup untuk merobohkan perlindungan keamanan iPhone ataupun iPad. Perusahaan juga belum menemukan bukti bahwa hal tersebut dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kembali menanggapi pernyataan Apple, ZecOps mengatakan pihaknya menemukan bukti peretasan terkait terhadap beberapa organisasi" dan mereka akan membagikan informasi teknis tambahan begitu Apple merilis pembaruan peranti lunaknya kepada publik. ZecOps menyatakan sementara ini ada dua cara untuk tetap aman dari serangan hacker. Pertama, nonaktifkan aplikasi Mail. Kedua, gunakan aplikasi pihak ketiga, seperti Gmail atau Outlook.(*)

 

 

Artikel Terkait
Tech
Bakal Rilis iPhone 13, Apple Gelar Event 14 September Mendatang

Tech
Masih Bingung Pakai Location Tracking di iPhone? Begini Caranya...

Tech
Apple Bakal Luncurkan iPhone SE 5G Pertama pada Maret 2022